Giliran Korea Selatan Berikan Denda ke VW

119

Skandal manipulasi uji emisi Volkswagen [VW] di Amerika Serikat, mengharuskan pabrikan asal Jerman ini memperbaiki kendaraannya yang telah dijual ke 482 ribu pemilik di US.

Kewajiban denda pun juga telah menanti. VW dikabarkan bisa kena denda mencapai USD 18 miliar di Amerika. Dan belum lama ini, pemilik VW di Australia juga telah mengajukan gugatan class action, dengan nilai gugatan USD 71,59 juta.

Dan kini giliran Korea Selatan yang turut mengajukan gugatan kepada VW. Pemerintah Korsel melalu Kementerian Lingkungan Hidupnya meminta VW menarik kembali 125,522 kendaraannya hingga batas waktu 6 Januari, 2016. VW juga diwajibkan membayar denda sekitar USD 12.2 juta.

Berdasarkan hasil Environmental Protection Agency/EPA, US, Audi dan VW telah melebihi batas nitrogen oksida [NOx] hingga 40 kali batas legalnya.

Manipulasi uji emisi VW ini menggunakan perangkat khusus di setiap mobilnya, yang dimiliki pada 11 juta kendaraan di seluruh dunia bermesin diesel yang sudah dirancang sejak tahun 2008.

Menggapi seluruh kejadian ini, jajaran manajemen Volkswagen AG telah meminta maaf secara global, merumahkan beberapa teknisinya, serta menyiapkan tim untuk mengatasi problema ini. [source: berbagai sumber | foto ibtimes.co.uk]

Share it