Google Dan Samsung Sepakat Untuk Damai Soal Paten

38

Seperti dikutip Reuters oleh Antara, Google dan Samsung beberapa kali terlibat dalam gugatan paten namun bukan saling gugat.

Kesepakatan yang berlaku selama  10 tahun ke depan itu, mencakup paten-paten yang selama ini dimiliki masing-masing perusahaan maupun paten di kemudian hari. Akan tetapi, Angka-angka keuangan dalam kesepakatan itu tidak diumumkan.

Perwakilan Google dan Samsung menungkapkan bahwa kesepakatan itu “akan membawa kolaborasi yang semakin erat dalam riset dan pengembangan proyek-proyek saat ini maupun masa depan.”

“Dengan bekerja sama berdasarkan kesepakatan seperti ini, kedua perusahaan dapat mengurangi potensi litigasi dan fokus ke inovasi,” jelas Allen Lo, petinggi Google yang menangani urusan paten, dalam pernyataannya, Minggu (26/1/2014).

Sementara itu petinggi Samsung untuk urusan kekayaan intelektual, Seungho Ahn, mengungkapkan kesepakatan itu menunjukkan “kepada semua pihak di industri ini bahwa lebih baik bekerja sama daripada terlibat dalam perselisihan paten.”

Seperti yang diketahui, perusahaan-perusahaan teknologi selama ini terlibat dalam perselisihan paten-paten smartphone meskipun lebih banyak yang menjalin aliansi dibandingkan berseteru.

Share it