Google Luncurkan Nexus 5 Dengan Android Kit Kat

32

Nexus 5 yang kembali dibesut dan menjadi unggulan LG ini merupakan perkawinan tablet dan ponsel. Berukuran 5 inci dan sedikit lebih tipis juga lebih ringan dari generasi sebelumnya, kecepatan Nexus 5 dengan prosesor Snapdragon 800 juga lebih dapat diunggulkan. Selain itu, Nexus 5 dilengkapi fitur kamera HDR terbaru untuk menggabungkan beberapa eksposur ke satu foto, memiliki optical image stabilization, dan mampu menangkap obyek di tempat yang gelap. 

Nexus 5 tersedia secara online di 10 negara dan akan tersedia di toko-toko retail seperti Best Buy terlebih dahulu. Versi 16 GB akan dilepas dengan harga US$ 349 dan versi 32 GB akan dipasarkan seharga US$ 399.

Dengan sistem operasi Android Kit Kat, ponsel ini mendobrak sekat antara web, pencarian, aplikasi, dan alat komunikasi. Kit Kat juga menambahkan dukungan untuk layanan cloud pihak ketiga, seperti Box, sehingga Anda dapat melihat file yang tersimpan pada perangkat dan di cloud. Google Hangouts menyerap pesan SMS dan MMS hingga chatting, panggilan video, dan teks bersama-sama di satu tempat.

Google Now, aplikasi untuk melayani sampai jawaban untuk pertanyaan yang bahkan belum Anda tanyakan, akan menjadi layanan baru dalam Kit Kat. Hal ini dapat menyimpulkan minat Anda berdasarkan pencarian web Anda dan memberi tahu jika di situs-situs yang rajin Anda kunjungi ada sesuatu yang baru.

Google Search pada Kit Kat tidak terbatas pada isi dari web. Google mulai mengindeks konten jauh di dalam aplikasi individu. Jadi, jika Anda mencari resep masakan, misalnya, tak hanya akan menunjukkan sebuah halaman web, tapi membawa link ke aplikasi memasak yang sudah Anda install. 

Kit Kat juga menjadi upaya Google untuk mengatasi salah satu masalah yang mengganggu Android, fragmentasi OS. Perangkat Android low-end menguasai pasar yang gemuk di negara berkembang, seperti Cina dan India. Namun, karena keterbatasan memori dan prosesor, maka hanya sistem operasi Gingerbread yang bisa digunakan.

Nexus 5 menjadi perangkat pertama dengan sistem operasi Android 4.4 yang tampil dengan layar 4,95 inci, kamera 8 MP di bagian belakang, ditambah dengan kamera 1,3 MP di bagian depan. Gadget ini juga disiapkan untuk berlari dalam format 4G. Demikian kabar dari Tempo.co.

Share it