GoPro Dituntut Polaroid

128
GoPro Hero4 Session (kiri) dan Polaroid Cube (kanan)

Langkah GoPro dalam mengembangkan action camera sedikit terganjal oleh tuntutan yang dilayangkan Polaroid.

Selama ini GoPro bisa dibilang sebagai pelopor kamera aksi berbentuk mini yang bisa diakses melalui smartphone. Desainnya sangat sederhana, seperti kamera saku persegi panjang namun ukurannya lebih kecil.

Sukses merilis 4 seri kamera GoPro Hero, produsen elektronik asal Amerika Serikat itu membuat gebrakan pada seri terbaru kameranya, GoPro Hero4 Session. Inovasi yang paling menonjol dari kamera ini adalah desainnya yang berbeda dibandingkan GoPro Hero sebelumnya.

Kali ini GoPro menampilkan desain kubik untuk seri kamera terbarunya tersebut dan menggunakan warna dominan hitam, bukan silver seperti seri Hero yang lain. Namun, ternyata bukan hanya GoPro yang memiliki desain demikian. Tahun lalu, Polaroid juga pernah merilis kamera aksi dengan desain kubik bernama Polaroid Cube.

C&A Marketing yang memproduksi kamera Polaroid mengklaim bahwa GoPro telah melanggar hak paten berkaitan dengan desain yang didapatkan Polaroid, Mei lalu.

“Ini masalah estetika. Hanya karena sebuah produk memiliki desain yang sederhana bukan berarti tak bisa dilindungi. C&A Marketing akan menunjukkan bahwa produk GoPro ini sangat mirip desainnya,” ujar perwakilan C&A Marketing Rob Jackson seperti dilansir BBC.

Jika Polaroid memenangkan tuntutan ini, maka kemungkinan Hero4 Session akan jadi satu-satunya kamera GoPro berbentuk kubik yang pernah dirilis. Maka, sebelum itu terjadi, Anda harus memiliki kamera yang akan menyimpan nilai sejarah tersebut, Brava Listeners.

[Teks: @moeha | Foto: BBC]

Share it