GP Jerman Akan Diboikot Para Pebalap F1 Jika Insiden Ban Terulang

25

Seperti yang dilansir dari Detik.com, menyusul dilakukannya pertemuan GPDA di paddock Nuerburgring, Kamis (4/7/2013) malam waktu setempat, pernyataan tegas itu dilontarkan sebagai reaksi atas situasi terkini di F1.

Setidaknya ada empat pebalap yang mengalami insiden pecah ban, dalam balapan sebelumnya di Silverstone yang memunculkan kerisauan akan aspek keselamatan para pebalap.

Pirelli pun kini membawa ban belakang dengan tipe berbeda ke Nuerburgring, untuk mencegah terulangnya insiden tersebut. Disebutkan bahwa bagian dalam ban itu terbuat dari serat Kevlar sintetis, berbeda dengan besi baja yang biasanya digunakan. GPDA tak puas begitu saja meskipun Pirelli yakin ban ini tidak akan mengalami nasib serupa di Nuerburgring.

GPDA seperti juga menjelaskan seperti yang dikutip Autosport bahwa para pebalap dari Grand Prix Drivers’ Association ingin menyatakan keprihatinan mendalam mengenai kejadian di Silverstone.

Para pebalap juga mengungkapkan bahwa mereka percaya perubahan yang telah dilakukan kepada ban akan memiliki hasil yang diinginkan dan masalah serupa takkan terjadi lagi dalam GP Jerman. Selain itu mereka juga menyatakan siap melajukan mobilnya sampai batas, seperti yang biasanya mereka lakukan, dan diharapkan oleh tim, sponsor, dan para penggemar.

Akan tetapi, seperti keterangan yang disampaikan GPDA dengan lugas para pebalap telah memutuskan bahwa, jika masalah serupa terjadi lagi di GP Jerman, mereka sesegera mungkin akan mengundurkan diri dari balapan, karena permasalahan dengan ban ini membahayakan jiwa para pebalap, marshal, dan penggemar.

Share it