Gucci Diskon Besar di China

121
Gucci
Outlet Gucci di Shanghai, China
Gucci
Outlet Gucci di Shanghai, China

Gucci ikut memberikan diskon besar untuk konsumen di China setelah pemerintah negara tersebut memangkas pajak untuk barang-barang impor.

Sebelumnya, sejumlah merk barang mewah seperti Chanel, Prada, Dior, Lancome dan Cartier juga sudah melakukan pemotongan harga tahun ini karena alasan tersebut. Langkah ini diikuti oleh Gucci dan hasilnya, pada 27 Mei lalu produsen barang mewah asal Italia tersebut sudah berhasil melakukan penjualan untuk produk-produk seperti sepatu, garmen dan tas.

Menurut konsultan barang mewah asal China Ma Kaliun, seperti dikutip dari Caixin Online, keputusan memangkas harga ini dilakukan Gucci setelah mengalami penjualan yang buruk tahun lalu. Akibatnya, banyak barang lama yang tersimpan sementara Gucci harus bersiap meluncurkan koleksi-koleksi terbaru.

Alasan lain produsen barang mewah menurunkan harga produknya di China tahun ini adalah karena pemerintah Negeri Tirai Bambu itu memangkas pajak impor untuk barang mewah. Pada 25 Mei lalu, Kementerian Keuangan China mengumumkan bahwa sejak Juni 2015 pajak untuk sejumlah barang mewah seperti garmen, sepatu dan produk perawatan kulit akan dipangkas hingga setengahnya.

Pejabat di Kementerian Perdagangan China Xu Jing mengatakan, kebijakan ini dilakukan pemerintah China untuk mencegah masyarakatnya berbelanja barang mewah di luar negeri. Namun, ia tidak bisa memastikan apakah diskon besar yang dilakukan Gucci hanya untuk ‘mencuci’ gudang mereka karena kemunculan koleksi baru atau akan diberlakukan seterusnya sebagai strategi jangka panjang produk tersebut.

Yang pasti, diskon Gucci ini menarik minat para konsumen khususnya di pusat perbelanjaan kelas atas di sejumlah kota di China. Bahkan di Shanghai dan Nanjing, konsumen sampai mengantre di luar toko untuk mendapatkan produk Gucci dengan harga murah.

Bagaimana dengan Anda Brava Listeners, siap berburu barang mewah namun murah di China?

[Teks: @moeha | Foto: Bloomberg]

Share it