Hancurnya Karir Lance Amstrong

102

 

US Anti-Doping Agency atau USADA telah mengungkapkan telah mengumpulkan bukti bahwa pembalap sepeda kelahiran Texas, Amerika Serikat ini menggunakan doping yang dilarang dalam peraturan olah raga. Menurut USADA, hasil dari test darah Amstrong menunjukkan beberapa variasi yang menjelaskan jika dia kemungkinan besar masih menggunakan doping setelah 2005, dimana Amstrong sendiri mengaku bahwa ia sudah tidak menggunakan doping sejak tahun 2005.

Amstrong tercatat pernah menggunakan empat zat terlarang, yaitu Erythropoietin (EPO), testosterone, cortisone, dan juga hormon pertumbuhan. Ia juga melakukan transfusi darah untuk meningkatkan kualitas dan performanya selama pertandingan. Hal ini diakuinya dalam kesempatan wawancara bersama Oprah Winfrey.

Karena kasus inilah pria berusia 41 tahun ini harus mencopot gelar juara yang ia raih selama tujuh kali berturut-turut dari tahun 1999 hingga 2005 dalam Tour de France dan dilarang untuk berkecimpung kembali di dalam dunia olah raga balap sepeda seumur hidup. Selain itupun, Amstrong juga harus membayar ganti rugi sebesar US$12 juta atau sekitar Rp116,7 miliar kepada sebuah perusahaan promosi di Dallas, SCA Promotion yang memberikan bonus setelah Armstrong menjadi juara Tour de France.

Sumber: metrotvnews.com

Share it