Hindari Minum Kopi di Sore Hari, Ini Alasannya!

91
Hindari Minum Kopi di Sore Hari

Hujan di sore hari kerap terjadi di wilayah Jabodetabek belakangan ini. Kondisi hujan yang dingin tak jarang menambah hasrat untuk minum kopi.

Namun, minum kopi di sore hari ternyata memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh Anda. Berikut ulasannya.

Membuat Gelisah

Hindari Minum Kopi di Sore Hari

Secangkir kopi bisa memberi dorongan energi untuk membantu melewati kondisi dingin di cuaca sore belakangan ini. Namun, seorang ahli diet bernama May Zhu menjelaskan bahwa kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan untuk membuat diri Anda merasa lebih terjaga dan waspada.

Tetapi jumlah kafein di sore hari mungkin membuat Anda gelisah. Merasa gelisah, gugup atau jantung berdebar-debar menjadi tanda bahwa Anda minum terlalu banyak kopi untuk tubuh.

Mengganggu Irama Alami Tubuh

Hindari Minum Kopi di Sore Hari

Dikarenakan kafein merangsang sistem saraf pusat untuk membuat Anda tetap waspada dan terjaga, mengonsumsinya di sore hari memberikan efek sulit tidur ketika Anda berada di rumah. Tinjauan sistematis Februari 2017 di Sleep Medicine Reviews menemukan bahwa kafein tidak hanya memperpanjang waktu yang dibutuhkan orang untuk tertidur tetapi juga mengurangi jumlah dan kualitas tidur.

Kurang tidur sendiri dikaitkan dengan risiko lebih tinggi untuk depresi, diabetes dan masalah jantung, menurut Harvard Health Publishing.

Memicu Lapar dan Banyak Makan

Hindari Minum Kopi di Sore Hari

Dikutip dari LiveStrong, Ahli diet May Zhu mengungkapkan ada beberapa penelitian yag telah menunjukkan bahwa kafein dapat memiliki efek penekan nafsu makan, terutama bila dikonsumsi 30 menit hingga 4 jam sebelum makan. Namun masalahnya, jika minuman sore Anda menghambat rasa lapar, Anda mungkin akan merasa lapar di waktu malam hari dan makan lebih banyak dari yang Anda inginkan. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat Brava Listeners!

 

Penulis: Fadiasyah Putranto

Share it