Hongkong Tawarkan Konsep Smart City untuk Indonesia

197
Smart city concept

 

“Ada banyak yang bisa kita pertukarkan di antaranya konsep smart city yang bisa dikembangkan dengan bantuan kami untuk kepentingan peningkatan layanan pemerintah untuk masyarakat,” kata Vice President Hong Kong Computer Society Stephen Lau di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, konsep Smart City dapat dikembangkan di Jakarta, sama halnya dengan Hongkong dari segi infrastruktur TIK, green technology, layanan transportasi, dan lain-lain. Stephen Lau juga menambahkan bahwa Jakarta dapat sekaligus dikoneksikan melalui penggunaan TIK dengan dua kota terbesar lain di Indonesia misalnya Medan dan Surabaya.

Regional Director, South East Asia and India, Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) Dannie Chiu kemudian mengatakan Indonesia dan Hongkong memiliki banyak potensi yang bisa dikerjasamakan. Pihaknya juga menyatakan kesiapannya untuk menyediakan tenaga ahli.

“Kita bisa melakukan bisnis bersama-sama, termasuk misalnya di sektor ICT,” katanya.

Hongkong sendiri sedang mengukuhkan diri sebagai hub untuk ICT di Asia Pasifik, selain mengembangkan rezim pajak sederhana dan terprediksi dengan mudah, tarif pajak paling rendah di Asia Pasifik, dan nomor tiga terendah di dunia.

Negeri ini telah menjadi basis penanaman modal asing hingga mencapai 665,7 miliar dolar AS (sampai akhir 2013). « [teks @shintaasarass | foto futuregov.asia]

Share it