Hugo Chavez Meninggal Dunia

35

Hugo Chavez yang menjadi pemimpin Venezuela selama 14 tahun didiagnosis menderita kanker pada Juni 2011. Selama masa sakitnya, ia telah banyak menjalani operasi kanker di Kuba dan mengikuti serangkaian proses penyembuhan kanker seperti kemoterapi yang menyebabkan kebotakan.

Wakil Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, yang mengumumkan berita meninggalnya Hugo Chavez di televisi mengungkapkan kesedihan dan rasa kehilangan yang teramat dalam. 

Pasca meninggalnya Chavez ini, Venezuela harus mengadakan pemilu kembali dalam waktu 30 hari setelah meninggalnya Chavez yang pada bulan Oktober lalu kembali memenangkan pemilu Venezuela namun belum sempat melakukan sumpah jabatan. namun kepemimpinan sementara akan diambil alih oleh Nicolas Maduro sampai pemilu Venezuela selanjutnya diadakan.

Chavez dikenal karena kebijakan minyaknya untuk subsidi pangan dan medis bagi rakyat miskin di negaranya. Tapi kelompok oposisi menganggap Chavez adalah sosok diktator yang salah menerapkan kebijakan ekonomi yang akhirnya merugikan negara dalam hal pendapatan minyak.

Pasca meninggalnya Chavez, pemerintah Venezuela mengumumkan masa berkabung nasional selama 7 hari. Upacara pemakaman nasional Hugo Chavez akan digelar pada hari Jumat 8 Februari 2013 nanti. Namun sebelumnya, jasad Chavez akan disemayamkan selama 3 hari di akademi militer di Caracas, untuk memberi kesempatan kepada rakyat yang hendak memberikan penghormatan terakhir.

 

Sumber: vivanews.com, detik.com

Share it