IHSG Melonjak Ketika Jokowi Maju Capres

30

Kemunculan Jokowi, seperti yang dilansir Tempo, memang sudah dinantikan sejak lama oleh pelaku pasar. Diketahui sebelumnya, pasar telah menunggu kepastian Jokowi maju sebagai capres dengan sikap wait and see.

Sore ini IHSG diakabarkan keluar dari zona merah dan menguat signifikan sebesar 0,73 persen atau 34,84 poin di posisi 4.761. Padahal seperti yang dilansir Kompas, indeks sepanjang perdagangan tetap berada di zona merah, sebelum pengumuman tersebut.

Diketahui nilai perdagangan cukup besar mencapai Rp 11 triliun dengan volume mencapai 5,96 miliar lot saham. Dapat dikatakan pasar meulai bergairah meskipun menjelang penutupan akhir pekan.

Berikut diantara saham-saham yang menjadi penguat bursa adalah BMRI (Rp 9.575), BBRI (Rp 9.575), BBCA (Rp 10.775), SMGR (Rp 15.450) dan BBNI (Rp 4.985).

Akan tetapi, para pelaku pasar disarankan untuk tetap waspada meski sentimen ini positif dan tidak terlalu hanyut dalam euforia yang berlebihan. Sentimen yang disebabkan oleh faktor politik dalam negeri biasanya hanya bersifat sesaat. Indeks akan kembali mengikuti sentimen regional serta rilis data-data ekonomi.

Share it