Ikuti Amazon dan Google, Kini Microsoft Investasi Besar-Besaran Di Indonesia

48

Akhir-akhir ini banyak perusahaan besar teknologi yang berinvestasi besar-besaran di Indonesia. Setelah sebelumnya Amazon dan Google, kini giliran perusahaan Bill Gates, yakni Microsoft yang akan membangun pusat data (data center) regional pertamanya di Indonesia.

Indonesia menjadi ladang manis bagi perusahaan besar teknologi untuk berinvestasi disini. Bayangkan, pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini telah mencapai 202,6 juta jiwa.

Survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pernah mengatakan bahwa Indonesia berpeluang menjadi hub pusat data Asia. Dimana APJII menyebut besaran jumlah pengguna Internet ditanah air terus meningkat dari tahun ke tahun.

Microsoft investasi di indonesia

Pada Juni 2020, Google telah meluncurkan region Google Cloud Platform (GCP) yang bertempat di Jakarta. Menyusul setelahnya, Amazon melalui Amazon Web Services (AWS) sedang membangun pusat data di Jawa barat. Pusat data ini dikabarkan akan rampung pada tahun 2021 ini.

Terbaru, raksasa teknologi dunia yakni Microsoft akan menggelontorkan sekitar US$ 6,3 miliar atau setara Rp89 triliun untuk proyek data center termasuk bisnis cloud di Nusantara.

Microsoft investasi di indonesia

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee mengungkapkan bahwa dengan investasi yang dilakukan Microsoft di Indonesia, akan mendukung ekonomi digital Indonesia serta SDM dalam negeri.

“Kami bangga dapat mendukung bisnis dan pemerintah Indonesia dalam beralih ke cloud tepercaya bersama Microsoft. Selama 26 tahun terakhir, kami telah memberdayakan industri di seluruh Indonesia dan mempersiapkan orang Indonesia dengan keterampilan siap pakai di masa depan untuk meningkatkan kemampuan kerja mereka.” kata Haris Izmee dikutip dari industry.co.id

“Pengumuman hari ini memvalidasi inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia, kami siap untuk memberdayakan setiap orang dan setiap usaha di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga : Fashion Style Modis Para Aktor Di Golden Globe 2021

Nantinya, Microsoft akan menyumbangkan 60 ribu lapangan pekerjaan bagi ekonomi lokal selama empat tahun ke depan. Selain itu, perusahaan milik Bill Gates ini akan membangun keterampilan masyarakat Indonesia, dimana nantinya sebanyak 3 juta orang akan mendapat pelatihan teknologi.

 

Share it