Ilmuwan Berhasil Membuat Cat Dingin Super Putih, Alternatif Pengganti AC

239
cat super white

Pertengahan April lalu telah diumumkan oleh para ilmuwan teknik mesin dari Purdue University bahwa mereka membuat cat super putih. Cat ini dikabarkan dapat menjaga suhu bangunan tetap dingin meskipun terkena sinar matahari.

Terobosan baru dilakukan oleh para ilmuwan teknik mesin dari Purdue University dalam rangka memerangi pemanasan global. Terciptalah cat super-putih yang dapatĀ  memantulkan hampir 99 persen cahaya yang menerpanya.

cat super white
Perbandingan cat super white dengan cat biasa

Hal tersebut didasarkan pada material dari cat super putih ini yang terdiri kalsium karbonat atau CaCO3, mineral yang digunakan untuk membuat kapur. Zat ini membuatnya mereflektansi sekitar 96,5 persen dari terkena cahaya sinar matahari. Panas yang diterima atau diserap dari sinar matahari hanya sekitar kurang dari 5%.

Studi dari Purdue University oleh Profesor Xiulin Ruan, mengungkap bahwa cat super putih ini lebih dingin 4,4 derajat Celsius dibandingkan suhu lingkungan di sekitar. Sementara pada malam hari material yang ada di cat super putih ini mampu mempertahankan suhu 10,5 derajat Celsius lebih rendah dari lingkungan sekitar.

Baca Juga : Peringati Manusia Pertama ke Luar Angkasa, iPhone 12 Pro Edisi Elon Musk dan Jeff Bezos Dirilis

Ini berarti dapat menjadikan cat super putih tersebut dapat membuat suatu bangunan dapat terjaga suhu dinginnya meskipun tanpa menggunakan AC ruangan. Hal tersebut pun menjadi strategi yang sangat berguna untuk memerangi pemanasan global mendatang dengan mengurangi jumlah pendingin ruangan.

Share it