Inilah Kamera Mirrorless Full Frame Pertama di Dunia

45

 

Diberi nama Alpha 7 dan Alpha 7R, keduanya ditahbiskan menjadi kamera mirrorless FF perdana di dunia. Kali ini, Sony tak lagi memakai brand NEX.

Alpha 7 (A7) dibekali sensor CMOS 24,3 MP. Sedangkan, A7R dibekali sensor 36,3 MP tanpa keberadaan low-pass filter sehingga bisa menghasilkan foto yang lebih tajam.

Resolusi A7 yang lebih rendah, sengaja diusung Sony untuk bisa memaksimalkan keberadaan sistem hybrid autofocusnya, demikian seperti dikutip dari CNET oleh Detik.

Keduanya memakai prosesor BIONZ X yang memungkinkan kamera mendapatkan foto RAW 14-bit dan ISO hingga 25.600. Untuk lensa, keduanya memakai E-mount.

Kedua produk andalan ini hadir dengan harga yang cukup tinggi sehingga kualitas fisiknya pun tak perlu diragukan. Sony menggarapnya dengan magnesium alloy dimana diklaim mampu menangkal debu maupun embun.

Baik A7 maupun A7R memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari jajaran Sony NEX lainnya. Bisa dibilang, di sini Sony mengkombinasikan tampilan milik NEX-7 dan RX-1.

Selebihnya dalam mode continuous, Sony A7 mampu membidik 5fps dan menangkap video 1080p pada 60 atau 24 fps. Sedang A7R mampu menyelesaikan jepretan 4 fps.

Keduanya memiliki LCD model tilt 3 inci dengan resolusi 1,23 juta titik di bagian belakang dan OLED viewfinder super jernih 2,4 juta titik. Terdapat juga WiFi dan NFC untuk kemudahan transfer foto.

Sony mengungkapkan bahwa A7 merupakan alternatif DSLR atau bagi mereka yang ingin beranjak dari kamera saku. Sedangkan A7R menyasar kalangan profesional.

Sony A7 dibanderol dengan harga USD 1,999 dengan lensa kit lantas 7R dilabeli USD 2,299. Sebelumnya, Sony juga pernah melahirkan kamera full frame dalam bodi yang ringkas di seri RX-1. Demikian kabar yang dilansir dari Detik.

Share it