Inilah Tips Merencanakan Liburan Tahun 2014

37

Awal Januari adalah waktu yang tepat merencanakan liburan setahun penuh. Seperti yang dilansir dan dihimpun dari Detik, berikut adalah 6 tips yang dapat membantu Anda merencanakan liburan tahun 2014:

1. Pilih tanggal merah dan hari libur

Bagi Anda yang bekerja sesuai dengan jam kantor, hal pertama yang harus dilakukan, mencari tahu tanggal merah dan hari libur. Tahun 2014 setidaknya ada 9 long weekend yang bergabung antara tanggal merah dan hari libur.

Tanggal-tanggal tersebut adalah: 11-14 Januari, 31 Januari-2 Februari, 29-31 Maret, 18-20 April, 1-4 Mei, 15-18 Mei, 24 Mei-1 Juni, 26 Juli-3 Agustus, dan 15-28 Desember. Semakin jauh tujuan Anda, pastikan juga pilihan waktunya tepat dan cukup.

2. Pilih destinasi baru yang tepat

Tak terhitung banyaknya destinasi traveling di dalam dan luar negeri. Jadi ada baiknya memilih destinasi baru yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Kini adalah tahun yang tepat untuk berkunjung ke tempat-tempat baru, dan menambah cerita serta pengalaman.

Jangan lupa untuk memilih destinasi yang cocok dengan waktu liburan Anda. Hal ini juga berkaitan dengan musim. Jika Anda ingin berkunjung ke sebuah destinasi, pastikan waktu terbaik untuk berkunjung. Tentunya Anda tidak ingin berwisata ke pantai-pantai cantik di musim hujan?

3. Cek acara dan festival menarik

Jika masih bingung memilih destinasi, coba cari tahu beragam agenda dan festival terkenal, baik dalam maupun luar negeri. Festival baik itu budaya, seni, musik, atau film bisa jadi tujuan wisata yang menarik bagi Anda.

Indonesia punya banyak festival yang digelar rutin tiap tahun. Sebut saja Tour de Singkarak di Sumatera Barat, Festival Lembah Baliem di Papua, Festival Danau Batur di Bali, Tour de Ijen di Banyuwangi, Festival Teluk Jailolo di Halmahera Barat, sampai Festival Danau Toba di Sumatera Utara.

Sementara di luar negeri Anda bisa menyambangi Festival Songkran di Thailand, Festival Holi di India, Cannes Film Festival di Prancis, sampai La Tomatina di Spanyol.

4. Mulai buat itinerary!

Hal terakhir yang harus dilakukan usai menentukan destinasi dan menyisihkan dana untuk traveling, mulailah membuat itinerary. Meski agenda traveling masih terhitung lama, ada baiknya Anda membuat itinerary sejak dini.

Waktu luang memberikan kesempatan menentukan tempat menginap, dan mencari informasi soal transportasi dan lain-lain. Mencari tahu soal tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Karena membuat itinerary bisa menjadi penyemangat.

Selamat berlibur !

Share it