“Invest in Our Planet” Jadi Tema Hari Bumi 2022

14
“Invest in Our Planet” Jadi Tema Hari Bumi 2022

Pada 22 April 2022 bertepatan dengan perayaan Hari Bumi seluruh dunia yang mengusung tema Invest in Our Planet atau Investasi di Planet Kita.

Tema tersebut diangkat mengingat masa deoan bumi hijau mestinya menjadi tanggung jawab semua orang agar bisa dinikmati oleg generasi selanjutnya kelak. Hari Bumi yang dirayakan setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda-beda seperti ‘Restore Our Earth’ pada 2021, ‘Climate Action’ pada 2020, dan ‘Protect Our Species’ pada 2019.

“Invest in Our Planet” Jadi Tema Hari Bumi 2022

Mengutip dari situs Earth Day, Hari Bumi adalah momen untuk mengajak seluruh warga untuk bersama-sama untuk bertindak, berinovasi, dan menerapkan berbagai hal untuk membuat Bumi lebih baik. Invest in Our Planet, menurut Live Science, dimaksudkan untuk mendorong bisnis, pemerintah, dan semua warga untuk bertindak sekarang juga terkait perubahan iklim dan isu-isu lain untuk masa depan yang berkelanjutan.

“Invest in Our Planet” Jadi Tema Hari Bumi 2022

Salah satu perubahan iklim yang dipacu oleh penggunaan bahan bakar fosil merupakan salah satu isu yang diangkat dalam Hari Bumi 2022. Momen ini juga berusaha mengingatkan masyarakat tentang dampak pengabaian pada ‘kesehatan’ Bumi.

Selain merusak alam, perubahan iklim bisa merusak ekonomi, meningkatkan kelangkaan bahan pangan, memangkas keuntungan perdagangan, kepunahan satwa, hingga berdampak pada kesehatan manusia. Maka dari itu perlu ada tindakan yang dilakukan sekarang juga.

“Invest in Our Planet” Jadi Tema Hari Bumi 2022Harvard Business Review menerbitkan sebua studi yang menjelaskan korelasi langsung antara praktik bisnis berkelanjutan, harga saham, dan performa bisnisnya. Earth Day menyebut perusahaan yang cerdas mengerti soal menjadi go green dan dapat meningkatkan keuntungan jangka panjang.

Baca Juga: Tanda-Tanda WhatsApp Dibajak dan Cara Antisipasinya

Dengan alasan kemanusiaan dan bisnis, penting bagi perusahaan di semua skala untuk mengambil tindakan dan menerima manfaat dari ekonomi hijau. Oleh karena itu, Earth Day mengimbau para pemimpin segera bergabung dengan gerakan ini.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it