Jolla Meluncurkan Smartphone Berbasis Sailfish Pertama

35

Sailfish adalah sistem operasi mengembangan dari platform yang dikembangkan Nokia, namun ditinggalkan sejak perusahaan itu mengadopsi sistem Windows Phone, bernama MeeGo.

Dalam laman resminya, Jolla menyebutkan bahwa Sailfish merupakan sistem operasi mobile terbuka yang juga bisa menjalankan banyak aplikasi Android.

Jolla mengeluarkan rilis pers pada 13 November lalu, yang mengatakan OS Sailfish telah terintegrasi dengan aplikasi peta Nokia HERE selain ribuan aplikasi Android yang disediakan oleh Yandex Store, sebuah toko aplikasi untuk Android.

Smartphone Jolla pertama menggunakan desain asli Finlandia, dengan tanpa tombol di bagian depan. Ponsel berlayar 4,5 inci IPS qHD Gorilla 2 Glass itu dilengkapi kamera 8MP pada bagian belakang dan 2MP kamera depan.

Kinerja Jolla ditunjang dengan 16GB RAM, 16GB kapasitas penyimpanan, dan baterai dengan daya cukup untuk 9 – 10 jam waktu bicara.

Smartphone itu memiliki dimensi tinggi 131mm, lebar 68mm, ketebalan 9,9mm, dan berat hanya 141 gram.

Jolla didirikan pada 2011 dan berkantor pusat di Finlandia. Laporan menyebut Jolla didirikan oleh para mantan pegawai Nokia. Demikian lapor ANTARA.

Share it