Jonnie Peacock Raih Rekor Baru untuk Paralimpiade

38

Kebanggaan untuk masyarakat Inggris, karena salah satu atlitnya, Jonnie Peacock telah mencetak waktu tercepat dalam cabang lari 100 meter Paralipiade, pada hari Kamis (6/9). Peristiwa ini membuat dirinya sebagai pelari difabel tercepat di dunia.

Lolos dari babak kualifikasi dengan rekor 11.08 detik, Peacock berhasil mengalahkan kedua pesaing beratnya, yaitu Oscar Pistorius dari Afrika Selatan dan Oliviera dari Brazil, dengan rekor baru 10,90 detik.

Kaki kanan Peacock, yang telah diamputasi sampai pada bawah lutut adalah akibat sebuah penyakit meningitis yang dideritanya semenjak dirinya berusia lima tahun. Namun, karena kepercayaan dirinya, Peacock pun turut berlari dan memenangi balap lompat 100 meter dalam sebuah acara olahraga di sekolahnya setelah diamputasi.

Hal ini dikarenakan pertemuannya dengan sang bintang sepak bola, David Beckham yang menjadi semangat untuk pria 19 tahun ini mengejar karir di olahraga. Dimulai dari acara lomba olahraga seperti tenis kursi roda, menembak dan lari 60 meter, Peacock akhirnya memilih untuk bergabung dalam tim sprint.

Peacock pun mulai dikenal semenjak dirinya berusia 16 tahun, dimana dia membuat rekor pertamanya dalam balap Piala Dunia Paralimpiade pertamanya di Manchester dengan waktu 12,23 detik.

Share it