Kapal Pesiar Futuristik Seharga $15.000.000

203

Kapal pesiar futuristik ini, didesain oleh John Shuttelworth, desainer asal Inggris, yang harganya ditaksir bernilai sekitar USD 15 juta atau Rp 232 miliar. Kapal yang didesain selama tiga tahun ini dimiliki oleh seorang miliuner, Anton Marden. Anton adalah pemilik sebuah perusahaan transportasi laut bernama Fenwick Shipping Services, yang beroperasi di Asia.

Ide awal pembuatan kapal ini muncul dari Anton dan Elaine Marden, di Hong Kong. Ide cemerlang itu, diterjemahkan oleh, John Shuttleworth dan proses pembuatannya dilakukan Boats McConaghy di Zhu Ha, China. Proses untuk mewujudkannya memakan waktu selama lima tahun sejak perencanaan hingga konstruksi.

Adastra memiliki panjang 42,5 meter, lebar 16 meter dan berat 52 ton, serta panang sepanjang 42,5 meter. Bagian atas geladak kapal terbuat dari serat karbon dengan inti sarang lebah Nomex. Kemudian,lambung kapal terbuat dari lapisan busa Glass/Kevlar dan interior lemari menggunakan panel sarang lebah.

Kapal ini dirancang untuk bisa menampung sembilan tamu dan enam awak kapal. Astrada memiliki ruang tunggu, ruang makan, dan stasiun navigasi. Laporan Dailymail menyebutkan, kapal dengan interior mewah ini memiliki ruangan salon di dek utama. Penumpang bisa bersantai di bar dibagian kiri kapal, di lounge di sisi kanan kapal, atau duduk di sofa mewah di dek bagian belakang kapal.

Adastra mampu menempuh perjalanan dari Inggris ke New York, yang berjarak 4.000 mil laut, dengan kecepatan 17 knot dan sekali pengisian bahan bakar. Kapal ini didukung satu mesin canggih Caterpillar C18 berkekuatan 1.150 tenaga kuda, 2.300 rpm dan memiliki 2 Yanmar 110 tenaga kuda, masing-masing 3200 rpm. Kapal pesiar ini juga mampu mencapai kecepatan maksimum 22,5 knot.

Dengan efisiensi bahan bakar dan daya jelajah yang menakjubkan seperti itu, majalah Boat Internasional menganggap Adastra dapat mengawali tren perjalanan jarak jauh yang efisien dengan kapal pesiar. Karena, selama ini perjalanan dengan kapal pesiar dianggap memakan waktu terlalu lama.

Adastra memiliki sistem keamanan kapal yang dapat dikendalikan dengan iPad dalam jarak 50 meter. Bahkan melalui software khusus, iPad juga dapat mengontrol fungsi kemudi dan sirine.

Share it