Kebakaran Hutan di Gunung daerah Jawa Timur

103

Telah terjadi kebakaran di daerah Gunung Lawu, Jawa Timur pada hari Rabu, sekitar pukul 12.00 WIB. Peristiwa tersebut telah menghabisi setidaknya 1 hektare kawasan hutan Gunung Lawu di Petak 63x di wilayah kecamatan Tawamangu, Kabupaten Karanganyar.

Berdasarkan penjelasan dari Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), Farhan, bahwa hutan yang terbakar berada di lereng lebih yang curang, dengan kemiringan hampir 90 derajat, sehingga menyusakan kru pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Namun usahanya itu tidak sia-sia karena Kamis(13/9) kemarin, mereka telah berhasil mematikan kebakaran tersebut. Kendati demikian pihak dari Tim SAR Anak gunung Lawu, aparat Kodim, dan Polsek Tawangmangu masih berjaga-jaga di sekitar lokasi, bila adanya kebakaran susulan.

Farhan mengatakan bahwa hutan Gunung Lawe sering mendapatkan perhatian khusus, terutama pada saat musim kemarau. Kebakaran di Petak 63x tersebut merupakan peristiwa kedua yang terjadi dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Sumber: Media Indonesia

Share it