Kebijakan Sterilisasi Jalur Busway Menuai Hasil Positif

71

“Dengan adanya sosialisasi sterilisasi busway yang dilakukan selama 30 hari, ada kenaikan penumpang sekitar 20.000-an dari 320.000 penumpang menjadi 340.000,” ungkap Humas BLU Transjakarta Prasetya Budi di Jakarta, Jumat.

Data tersebut didapat dari koridor I jurusan Blok M-Kota yang berarmada 66 bus. “Jumlah tersebut setara dengan satu rit angkutan penumpang,” jelasnya.

Selain itu, Budi juga menyebutkan sterilisasi busway paling efektif bekerja pagi hari di mana polisi masih membantu penjagaan. “Masalahnya masyarakat kita masih takut sama petugas, kalau hanya petugas kami yang jaga, kadang-kadang mereka dimarahi,” kata Budi.

BLU Transjakarta berharap sterilisasi jalur busway konsisten dijalankan. “Ini baru satu bulan tapi sudah ada efeknya, kalau ini konsisten maka peminat busway akan naik seiring pelanggaran yang menurun, apalagi tahun 2014 armada baru akan datang,” jelas Budi.

Diperkirakan akhir tahun ini ada penambahan 700 armada transjakarta, sedangkan yang saat ini telah ada 416 unit, padahal jumlah ideal adalah 1.289 armada.  Untuk itu masih ada kekurangan 873-an bus. Demikian lapor Antara.

Share it