Kefir, Susu Fermentasi yang Semakin Trendy

427

kefir

 

 

 

 

 

Gaya hidup sehat yang semakin digandrungi mendorong masyarakat untuk mencari makanan dan minuman yang juga menyehatkan. Salah satu yang mulai digemari adalah kefir, susu fermentasi sejenis yogurt.

Meski sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu oleh masyarakat Rusia, popularitas kefir di belahan dunia lain mulai menanjak belakangan ini. Alasannya, karena minuman dari bahan dasar susu binatang ternak ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, bahkan melebihi yogurt.

Kefir adalah susu segar yang difermentasi selama beberapa jam menggunakan bakteri asam laktat dan ragi yang mengandung protein, lipid dan gula. Hasilnya adalah sebuah minuman dengan citarasa asam mirip yogurt. Namun, minuman ini dipercaya memiliki khasiat lebih baik dibandingkan yogurt karena mengandung 47 jenis bakteri baik sementara yogurt hanya mengandung satu atau dua jenis bakteri baik.

Seperti dikutip dari Telegraph, di Inggris kefir mulai digandrungi dan semakin banyak dijual, salah satunya adalah produk kefir yang diproduksi Bio-tiful Diary. Pemiliknya adalah Natasha Bowes, mantan atlet profesional yang sempat bergabung dengan tim skating Rusia. Selama tinggal di Moskow, Bowes hampir setiap hari mengonsumsi kefir dan membawa kebiasaan itu setelah pulang kembali ke Inggris.

Penggemar kefir lainnya adalah Shann Nix Jones, mantan host di sebuah acara talk show di San Francisco yang menginspirasi karakter yang diperankan Drew Barrymore dalam film ‘Never Been Kissed’. Shann dan suaminya, Rich bahkan sampai beternak kambing untuk membuat kefir sendiri setelah mengetahui khasiatnya.

Salah satu khasiatnya adalah memulihkan kondisi Rich setelah menjalani operasi penyakit ulcerative colitis yang dideritanya. Setelah operasi, Rich mengalami luka besar di dalam lambung dan mengalami infeksi namun dengan cepat sembuh setelah banyak mengonsumsi kefir.

Kefir juga pernah dipopulerkan artis Gwyneth Paltrow yang mengungkapkan bahwa minuman tersebut bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan dan kaya akan nutrisi seperti tinggi kalsium, fosfor, vitamin dan mineral. Kefir juga baik untuk kesehatan kulit.

Penasaran ingin mencicipi kefir, Brava Listeners?

[Teks: @moehakam | Foto: Telegraph]

Share it