Keluarga Kerajaan Saudi Beri Donald Trump Hadiah Nilainya Ratusan Juta

29
Keluarga Kerajaan Saudi Beri Donald Trump Hadiah Nilainya Ratusan Juta

Kerajaan Arab Saudi memberikan hadiah kepada mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sekaligus kepada mantan penasehat senior Trump, Jared Kushner. Tidak tanggung-tanggung jumlah hadiah tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam laporan yang diungkap oleh New York Times hadiah yang diberikan kerajaan Saudi itu senilai USD47.920 atau sekitar Rp681 juta.

Keluarga Kerajaan Saudi Beri Donald Trump Hadiah Nilainya Ratusan Juta

Daftar hadiah yang diterima trump dan delegasinya berjumlah ada 80 hadiah yang di dalamnya ada pisau, belati dan beberapa jubah yang dibuat dari bulu harimau putih dan cheetah.

Undang-undang Amerika Serikat mengatur soal maksimum hadiah yang boleh disimpa oleh pejabat yakni hanya sampai USD415. Karena semua hadiah melebihi batas maksimum yang diizinkan, Kushner membayar pemerintah AS sebesar USD47.920 sebagai bayaran untuk hadiah-hadiah tersebut

NYT membuka fakta terkait hadiah yang diterima Trump tersebut, Ternyata jubah dari bulu harimau putih dan cheetah itu adalah barang palsu,

“Inspektur satwa liar dan agen khusus menentukan lapisan jubah yang diwarnai untuk meniru pola harimau dan cheetah dan tidak terdiri dari spesies yang dilindungi,” juru bicara Departemen Dalam Negeri, Tyler Cherry.

Pisau dan belati juga memiliki masalah, hadiah tersebut tidak dicantumkan kedalam hadiah tahuanan Departemen Luar Negeri. Dan Departemen Luar Negeri kini juga tengah melakukan penyelidikan karena ada dugaan salah satu belati gagangnya terbuat dari gigi atau tulang, dan kemungkinan juga terbuat dari gading gajah.

 

Penulis; Raihan Aulia

Share it