Kemenangan Rossi di MotoGP Australia

111
vart

Pebalap kawakan asak Italia Valentino Rossi menjuarai MotoGP Australia 2014. Predikat jawara yang disandang Rossi sempat diwarnai insiden kecelakaan setelah juara dunia  Marc Marquez terjatuh selagi memimpin balapan yang berlangsung hari ini di Sirkuit Phillip Island itu.

 

Sesaat setelah jatuhnya Marquez dari tunggangannya, Rossi pun langsung mengambil alih pimpinan pada lap ke-18 dan menyisihkan rekannya di Yamaha Jorge Lorenzo dan pebalap Inggris Bradley Smith.

Ini merupakan kemenangan menghebohkan bagi legenda Italia berusia 35 tahun yang ke-250 kalinya berpacu di balapan elite untuk kemenangan ke-82 kalinya.

Marquez, yang sudah memastikan menjadi juara dunia akhir pekan lalu di Jepang, tampak akan dengan mudah menjuarai balapan Phillip Island dengan perbedaan waktu besar empat detik bersama motor Repsol Honda-nya.

Namun pebalap muda Spanyol itu kehilangan kendali pada lap 18 dan kandas sehingga membuat Rossi berkesempatan mengambil alih sirkuit dan memenangkan balapan ini dengan selisih waktu 10,836 detik.

Kemenangan Rossi ini mengerek selisih poinnya dari Lorenzo menjadi delapan poin pada peringkat kedua kejuaraan dunia di bawah Marquez dengan masih tersisa dua balapan di Sepang dan Valencia.

Rekan Marquez di Repsol Honda yang sama-sama dari Spanyol, Dani Pedrosa, sudah terpental dari sirkuit pada awal-awal balapan dan tampaknya akan kehilangan peluang untuk finis di urutan dua kejuaraan dunia yang kini disalip Rossi menjadi berselisih 25 poin di tempat keempat. « [teks @shintaasarass | foto kabar24.com]

Share it