Kerugian Banjir Mencapai Triliun Rupiah

45

Brava Listeners, banjir yang terjadi pada hari Kamis (17/01) tidak hanya telah memakan korban jiwa saja, tetapi juga menyebabkan kerugian yang mencapai triliun rupiah.

Joko Widodo, selaku Gubernur DKI Jakarta menjelaskan bahwa total kerugian akibat banjir tersebut mencapai Rp 20 triliun.

Menanggapi hal ini pun Jokowi menyarankan agar biaya anggaran yang seharusnya untuk membayar kerugian akibat banjir, dapat dialokasikan untuk pembangunan terowongan multi fungsi atau deep tunnel, terowongan bawah tanah multifungsi.

Jokowi juga menjelaskan bahwa deep tunnel tersebut merupakan solusi banjir untuk jangka panjang dan bila dibandingkan dengan mengeluarkan uang untuk membayar kerugian yang sudah terjadi, lebih baik untuk membangun deep tunnel tersebut.

Pembangunan deep tunnel tersebut diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp16triliun, sedangkan total kerugian banjir mencapai Rp 20 triliun. Jokowi menegaskan bahwa jikalau pembangunan deep tunnel tersebut dianggap memberatkan dari sisi anggaran, maka pemerintah bisa mengajak pihak swasta untuk turut serta bergabung di dalam proyek ini.

Sumber: MetroTVNews

Share it