Keuntungan dan kelemahan pinjam uang tanpa jaminan

1894

Sistem keuangan yang ada saat ini memang semakin berkembang sangat pesat. Tidak hanya sistem pembayaran yang semakin modern dengan penggunaan uang digital, namun berbagai konsep peminjaman uang pun kini mulai menampakkan wujudnya.

Jika dulu mungkin banyak yang mengharuskan seseorang harus menyertakan aset sebagai jaminan peminjaman, kini ada peminjaman yang tak harus membuat Anda menyertakan aset saat proses peminjaman tersebut. Cara ini sering disebut Kredit Tanpa Agunan [KTA] atau pinjaman tanpa jaminan.

KTA adalah pinjaman tanpa jaminan untuk pemegang kartu kredit merupakan program berbagai lembaga pembiayaan. Dalam prosesnya, pinjaman tanpa jaminan ini biasanya akan jauh lebih cepat dan mudah.

Apa keuntungan dan kelebihan KTA dibanding dengan proses peminjaman pada umumnya, yang menggunakan jaminan? Berikut pemaparannya.

Kelebihan dan Kekurangan
Setiap sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan peminjaman dengan pinjaman dan Kredit tanpa agunan, ia juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Di bawah ini kelebihan dan kekurangan pinjam uang dengan jaminan dan pinjam uang tanpa jaminan.

Kelebihan pinjaman dana tunai dengan jaminan atau agunan antara lain:
1. Bunga pinjamannya ringan
2. Waktu pelunasan uang lebih panjang, bisa sampai 15 tahun
3. Plafon pinjaman lebih besar, sesuai harga jual barang yang dijaminkan

Kekurangan peminjaman dengan jaminan yaitu:
1. Proses lebih lama karena harus melewati tahap apprasial (taksiran nilai aset) yang digunakan untuk menentukan apakah aset layak dijadikan jaminan
2. Jika terjadi kredit macet, maka debitur harus merelakan asetnya disita.

Sedangkan untuk kelebihan pinjam uang tanpa jaminan atau agunan adalah:
1. Proses lebih mudah dan cepat karena tidak memerlukan appraisal

Kekurangan untuk kredit tanpa agunan antara lain:
1. Bunga pinjamannya lebih tinggi
2. Jangka waktu pelunasan lebih pendek, umumnya maksimal 1—2 tahun
3. Plafon pinjamannya lebih kecil, umumnya dibatasi hingga IDR 50 juta
4. Jika terjadi kredit macet, kreditur akan tidak segan-segan mengirimkan debt collector serta mengajukan gugatan perdata kepada pengadilan untuk menyita seluruh aset milik debitur termasuk gaji
5. Jika gugatan terjadi maka nama debitur akan masuk daftar hitam BI karena rapor yang buruk, sehingga transaksi keuangan debitur yang berikutnya akan dipersulit.

Anggapan KTA yang Salah
Jika ada yang berkata bahwa pinjam uang tanpa jaminan lebih kecil resiko kerugiannya, hal itu sudah tentu salah. Pembayaran angsuran yang cukup tinggi tiap bulan karena bunga yang tinggi dan waktu pelunasan yang singkat tentu akan menjadi sesuatu yang akan sangat membebani peminjamnya.

Peminjam yang tidak siap dengan angsuran yang tinggi serta ketat ini tentu akan akan kewalahan. Apalagi jika ternyata Brava Listeners harus gali lubang tutup lubang dengan mencari pinjaman lain demi menutup angsuran pinjaman Anda sebelumnya.

Hal itu hanya akan membuat Anda terlilit hutang. Belum lagi ketika Anda mengalami kredit macet yang akan membuat pihak bank atau perusahaan multifinance akan mengirimkan debt collector.

Kemungkinan terburuk, bahkan akan terjadi bila Anda tidak mampu melunasi hutang Anda, maka kasus Anda akan diajukan ke pengadilan yang memungkinkan pihak bank dapat menyita seluruh aset Anda, bahkan gaji.

Nah, untuk belajar lebih lanjut mengenai berbagai produk keuangan Anda bisa mengunjungi situs cermati.com. [ADV]

Share it