Kevin Nizam Jadi Orang Pertama Asal Indonesia yang Bekerja di Pabrik Tesla Jerman

165

Siapa yang tak ingin bekerja di perusahaan otomotif sekelas Tesla? Baru-baru ini pemuda asal Indonesia bernama Kevin Nizam Nabila diterima bekerja di Tesla Jerman setelah kellusan kuliah S1.

Kevin Nizam Nabila menjadi warga Indonesia pertama yang bekerja di perusahaan Tesla, yang bertempat di Grunheide, Berlin, Jerman. Ia resmi menjadi karyawan di perusahaan yang dipimpin Elon Musk itu pada 16 Mei 2022 lalu.

Kevin Nizam sendiri adalah pemuda asal Madura yang lahir pada 7 April 1997. Ia telah melamar kerja di Pabrik Tesla di Jerman pada tahun 2021 lalu atau setelah ia menyelesaikan kuliahnya di Berlin jurusn electrical engineering.

Proses seleksi untuk menjadi karyawan Tesla membutuhkan waktu kurang lebih setahun. Terlebih pabrik Tesla di Jerman itu masih belum mendapatkan ijin operasi dari Pemerintah Jerman.

Pabrik Tesla yang berada di Jerman itu sendiri berfokus pada produksi Tesla model Y dan baterai. Dalam hal ini perusahaan memanfaatkan kekayaan lokal tambang batubara di wilaya Grunheide, Berlin.

Kevin pun bercerita bagiamana ia awal mula melamar di perusahaan otomotif ternama di dunia itu. Proses seleksi pun dilakukan secara bertahan, yang bertanya mengenai tentang produksi mobil.

“Saya mengirimkan CV serta essay serta bercerita sejauh mana pengalaman selama ini yang berhubungan dengan posisi yang dilamar,” ungkap Kevin.

“Interview kedua dilakukan secara offline sekaligus di tes tentang dasar-dasar elektro dan produksi mobil,” tambahnya.

Baca Juga: Setelah Apple, Kini Samsung yang Didenda Jual Smartphone Tanpa Charger

Kevin mengaku merasa sangat bangga dapat diterima bekerja di perusahaan Tesla. Saat ini Kevin juga sedang menjalani studi S2 di University of Applied Science Brandenburg, Jerman dengan spesialisasi Energi Effisiensi Teknik.

“Bangga bisa menjadi pegawai Tesla apalagi baru Kevin orang Indonesia pertama di sini. Hal lain yang membanggakan karena perusahaan Tesla ini mendukung keramahan lingkungan dan bangga lah kita bisa ikut serta menjaga kehijauan bumi” ungakapnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it