Klub Liga Primer Capai Rekor Pengeluaran Tertinggi

65

Pembelian termahal MU pun dipecahkan oleh Juan Mata yang dibeli dengan nilai mencapai Pound 37 juta atau sekitar Rp742 miliar.

Klub-klub papan atas Inggris menghabiskan Pound 760 juta atau sekitar Rp15,25 triliun, sejak masa transfer musim panas dibuka pada 1 Juli. Nilai ini memecahkan rekor sebelumnya yaitu sebesar Pound 670 juta yang dicatat pada musim transfer 2008-2009.

Menurut Dan Jones dari Deloitte, pengeluaran yang besar ini didukung oleh tingkat rekor pendapatan yang didorong oleh perjanjian siaran baru.

Akuntan Deloitte mengkonfirmasi, pada musim transfer Januari, bahwa 20 klub secara total menghabiskan Pound 130 juta, naik dibandingkan Pound 120 juta pada periode yang sama tahun lalu.

pengeluaran ini adalah keempat terbesar dalam 13 kali masa transfer di tengah musim. Rekor terjadi pada 2011 lalu dengan pengeluaran mencapai Pound 225 juta.

Salah satu langkah mengejutkan adalah kepindahan pemain belakang Kurt Zouma ke Chelsea sebesar Pound 12 juta, yang kemudian segera dipinjamkan kembali ke St Etienne.

Selain itu, ada perekrutan penyerang Olympiakos, Konstantinos Mitroglou, ke Fulham sebesar Pound 11 juta.

Adapun pada awal Januari, transfer yang tak diduga datang ketika Juan Mata bergabung dengan Manchester United dari Chelsea sebesar Pound 37,1 juta dan Chelsea membeli Nemanja Matic dari Benfica senilai Pound 21 juta.

Data yang dirilis FIFA sebelumnya, memperlihatkan klub-klub Inggris menghabiskan dana paling besar dalam transfer internasional sepanjang tahun lalu. Demikian kabar yang dilansir BBC Indonesia.

Share it