Konsep Tol Laut akan Dongkrak Pariwisata

257
tol-laut

 

Dengan adanya tol laut, dapat memungkinkan wisata baru seperti wisata kapal pesiar atau cruise ship dapat dikembangkan di Indonesia. Dengan begitu, sangat diharapkan nantinya akan banyak pelabuhan dan marina yang dibangun sehingga kapal pesiar yang umumnya mengangkut ribuan wisatawan akan semakin berdatangan.

Bahkan menurut Wiryanti, hal ini juga akan mendatangkan devisa negara sehingga taraf hidup masyarakat dapat semakin meningkat. “Potensi turis masuk ke Indonesia dengan menumpang kapal wisata atau yacht sebenarnya sangat besar yakni mencapai 2.000 kapal perhari, ini akan sangat menguntungkan bagi kita,” jelas Wiryanti beberapa waktu lalu, dalam suatu kesempatan di Jakarta, seperti dilansir dari Antara.

Memang gagasan tol laut ini diyakini akan mendongkrak kinerja sektor pariwisata dari beberapa sisi termasuk dari sisi wisata kapal pesiar hingga pemerataan logistik untuk bisnis jasa pendukung pariwisata. Hanya saja Indonesia hingga saat ini belum memiliki banyak dermaga khusus kapal pesiar, di samping juga banyak perizinan bagi kapal masuk yang dianggap masih tumpang tindih. <<[Teks @shintaasarass | Foto jasamarga.com]

 

Share it