Prediksi Komite Ekonomi Nasional pada Ekonomi Indonesia 2013

49

Kenaikan harga BBM yang terjadi memang dinilai tidak perlu karena harga minyak dunia pada tahun depan yang diperkirakan tetap pada posisi rendah.

Komite Ekonomi Nasional (KEN) telah memprediksikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia tahun depan tidak akan berbeda dengan perekonomian yang sedang berjalan pada tahun ini. Pertumbuhan ekonomi pun akan diperkirakan berada pada kisaran 6,1% sampai 6,6%, didorong dengan konsumsi domestik dan investasi, sedangkan untuk ekspor akan tetap pada posisi stagnan.

Chairul Tanjung, selaku ketua KEN menjelaskan dalam bahwa pada tahun 2012 KEN telah memprediksi pertumbuhan ekonomi tersebut dan perkiraan tersebut bisa mencapai batas bawahnya saja. Untuk tahun 2013, KEN pun memprediksikan bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh pada kisaran 6,1%-6,6%. Hal ini dikarenakan memang kecil target dari pemerintah sendiri. Namun KEN mencoba untuk realistis pada kondisi global maupun domestik.

Di UU APBN 2013 pun pemerintah telah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8% tahun depan. Pendorong pertumbuhan tertinggi ini pun masih berasal dari pertumbuhan investasi.

Sumber: Media Indonesia

Redaksi
Latest posts by Redaksi (see all)