Kontrol Porsche dari Jauh dengan Porsche Connect

81
Tampilan aplikasi Porsche Connect
Tampilan aplikasi Porsche Connect
Tampilan aplikasi Porsche Connect
Tampilan aplikasi Porsche Connect

Bagaimana rasanya mengontrol mobil Porsche menggunakan smartwatch? Jika ingin tahu, Anda harus menggunakan aplikasi Porsche Connect melalui Apple Watch, Brava Listeners.

Pabrikan otomotif asal Jerman, Porsche betul-betul memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi para pengguna mobil sport tersebut. Salah satunya adalah dengan meluncurkan aplikasi yang dapat mengontrol kondisi mobil seperti tekanan ban, sisa bahan bakar, jarak yang ditempuh pada perjalanan terakhir dan status odometer. Semua informasi tersebut dapat dilihat melalui Apple Watch menggunakan aplikasi Porsche Connect.

Seperti dilansir Motor Trend, aplikasi Porsche Connect bisa mengecek apakah pintu mobil sudah terkunci dengan benar. Jika belum, dari jarak jauh proses penguncian dapat dilakukan. Ada juga menu Carfinder yang dapat membantu pemilik menemukan mobilnya ketika lupa di mana mereka terakhir kali memarkir mobil. Ketika diaktifkan, klakson mobil akan berbunyi dan headlamp akan menyala untuk memberi tanda keberadaannya di tengah lahan parkir yang padat.

Untuk model hybrid, Apple Watch akan memberi informasi kepada pemilik tentang status baterai Porsche nya dan sisa waktu mengisi baterai jika dalam posisi di recharge. Karena aplikasi Porsche Connect menggunakan sinyal telepon, maka semua informasi dan perintah yang tersedia dalam fitur tersebut dapat dioperasikan dari jarak jauh.

Bukan hanya Porsche, aplikasi serupa juga diterapkan oleh pabrikan otomotif asal Jerman lainnya, yaitu Volkswagen. Masih memanfaatkan piranti Apple Watch, VW menamakan aplikasinya Car-Net. Fungsinya hampir sama dengan Porsche Connect yaitu memberi akses kepada pemilik untuk menjalankan sejumlah fungsi pada mobilnya dari jarak jauh.

Melalui Car-Net, pemilik VW dapat mengunci dan membuka kunci mobil dari jauh, demikian juga untuk membuka dan menutup jendela dan sunroof. Saat pemiliknya lupa memarkir mobil, aplikasi tersebut dapat memperlihatkan peta yang menunjukkan posisi mobilnya sekaligus memberi arah kepada pemilik untuk menuju mobilnya.

Aplikasi Car-Net dapat dioperasikan pada VW Beetle, CC, Eos, Jetta, Passat dan Tiguan keluaran tahun 2014 hingga yang terbaru. Demikian juga pada semua VW Golf, Golf GTI, Golf R, Golf SportWagen dan e-Golf keluaran 2015 hingga yang terbaru. Sementara, aplikasinya dapat diunduh di Apple App Store khusus untuk piranti Apple Watch.

Di ajang Consumer Electronic Show 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari lalu, Hyundai juga sempat memamerkan konsep aplikasi yang sama pada mobil Hyundai Genesis. Fungsinya mirip dengan Porsche Connect dan Car-Net yaitu dapat mengunci dan membuka kunci mobil dari jauh, menemukan mobil di lahan parkir dan bahkan dapat menyalakan mesin dari jauh. Bedanya, aplikasi ini tidak dioperasikan melalui sistem operasi iOS, tapi menggunakan platform Android.

Sayangnya, belum ada kejelasan bagaimana kelanjutan pabrikan asal Korea Selatan itu akan mengembangkan aplikasi pintar tersebut untuk produk mobilnya.

[Foto: motortrend.com]

Share it