Lagu Ciptaan SBY Kembali Dinyanyikan di Upacara Kemerdekaan

97

Kelompok paduan suara sempat memperdengarkan alunan ‘Bangga Jadi Anak Indonesia‘ kepada SBY, dalam latihan upacara 17 Agustus di Istana Negara, Kamis, 15 Agustus 2013. Hasilnya, si pencipta lagu memberikan kritikan. SBY mengkoreksi bahwa lagu tersebut terlalu lengang dibagian interlude. Selain itu SBY juga mengungkapkan bahwa lagu tersebut temponya terlalu lambat, kemudian kontribusi dari paduan suara belum tampak benar. SBY pun meminta agar hal tersebut diperbaiki.

Seperti yang dilansir dari Tempo.co, menurut Pemimpin Negara, lagu ciptaannya harus selaras dengan langgam daerah yang dibawakan paduan suara. Disajikan dengan aransemen yang mampu membuat suasana bersemangat karena dinyanyikan dalam rangkaian upacara kemerdekaan. Beliau juga meminta paduan suara untuk mengurangi durasi lagu daerah. Alasannya, rangkaian lagu dan medley daerah memiliki durasi panjang sehingga akan menyiksa peserta upacara yang terus berdiri.

Untuk itu, diberikan solusi agar setiap lagu daerah hanya dinyanyikan beberapa bait. Kemudian dilanjutkan dengan lagu daerah lain. Menurut beliau jika memang susah untuk membuatnya karena keterbatasan waktu yang tinggal dua hari, maka jumlah lagunya saja yang dapat dikurangi.

Dalam latihan persiapan upacara kemerdekaan, secara umum dinilai banyak petugas yang masih kurang bersemangat. Suara dan tempo gerak masih dinilai lambat dan lemah. Kritik terutama diberikan kepada pembawa acara dan komandan upacara yang dinilai kurang menampilkan semangat kemerdekaan dalam upacara. SBY mengungkapkan bahwa peran performa keduanya, akan mempengaruhi seluruh rangkaian upacara.

Share it