Lamborghini Ciptakan Mobil Termahal di Dunia

135

Mobil mewah yang siap menjadi mobil termahal dunia ini bernama Lamborghini Veneno Roadster. Mengapa mobil ini menjadi yang termahal? Karena dipastikan harga mobil ini mencapai 2,8 juta pounds atau sekitar Rp 51,2 miliar.

Bahkan harga yang sebegitu mahal itu belum termasuk pajak. Di Inggris saja bila ditambah pajak, maka harga mobil ini mencapai 3,36 juta pounds atau sekitar Rp 61,5 miliar.

Angka tersebut akan lebih mahal lagi dan diperkirakan bisa mencapai Rp 100 miliar mengingat pajak barang mewah yang cukup tinggi, mencapai 75 persen jika masuk Indonesia. Angka tersebut juga belum ditambah lagi dengan pajak-pajak lainnya.

Lamborghini mengklaim jika Veneno Roadster dirancang sebagai sebuah mobil balap yang sepenuhnya legal bila digunakan di jalan umum. Hal tersebut menjadikan mobil ini merupakan salah satu kendaraan paling ekstrim yang pernah dibangun.

Veneno Roadster memiliki jantung berupa mesin V12 berkapasitas 6.5 liter dengan kekuatan 750 bhp yang disalurkan ke semua rodanya. Ini membuatnya mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik dan memiliki kecepatan tertinggi mencapai 354 km/jam. Sangat cepat untuk ukuran sebuah mobil atap terbuka.

Dikabarkan, mobil yang dibangun dari bahan serat karbon yang ringan namun kuat ini dibuat menyusul versi hardtop yang hanya dibuat sebanyak 3 unit dengan harga 3 juta pounds atau sekitar Rp 54 miliar. Merek Italia itu akan membuatnya sebanyak 9 unit saja, untuk versi atap terbuka ini.

Tidak hanya legal di jalan umum, Lamborghini mengklaim kalau Lamborghini Veneno Roadster merupakan salah satu mobil super paling luar biasa sepanjang masa.

Lamborghini juga mengungkapkan dalam sebuah penyataan resminya, bahwa dengan keadaan tanpa atap, hanya bar rollover yang kuat untuk keamanan yang optimal, desain mobil ini difokuskan pada aerodinamika yang optimal dan stabilitas ketika melalui tikungan cepat, dengan penanganan yang mirip dengan sebuah prototipe mobil balap.

Selain itu, Lamborghini juga mengklaim kalau setiap detail pada tubuh mobil ini telah dirancang untuk meningkatkan downforce dan meminimalisasi hambatan dalam upayanya untuk mengoptimalkan kemampuannya baik di jalan maupun di sirkuit.

Share it