Lukisan Marilyn Monroe Terjual Rp 2,8 Triliun, Termahal di Abad Ke-20

18

Lukisan dari artis legendaris Marilyn Monroe mampu menarik perhatian para kolektor di rumah lelang Christie, New York. Pesona yang hingga kini belum memudar dari Marilyn Monroe membuat lukisannya pun terjual dengan harga fantastis mencapai 195 dolar AS juta atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Rumah lelang Christie melakukan pelelangan terhadap lukisan Marilyn Monroe yang berjudul Shot Sage Blue Marilyn pada hari Senin (9/5/2022). Lukisan ini dibuat pada tahun 1964 dengan teknik silks-creen oleh Andy Warhol.

Dalam lukisan Shot Sage Blue Marilyn ini menampilkan sosok Marilyn Monroe dengan kulit berwarna keunguan serta rambut kuning, eyeshadow biru, dan bibir merah dengan latar belakang biru yang menawan. Pencipta lukisan tersebut, Andy Warhol memang terkenal karya-karyanya dengan teknik silk-screen.

Tak disangka, lukisan Marilyn Monroe itu pun langsung terjual memecahkan rekor seharga 195 dolar AS juta atau sekitar Rp 2,8 triliun. Penjualan ini menjadi karya seniman Amerika termahal yang pernah dijual di lelang.

Hasil penjualan lukisan ini pun akan disumbangkan ke Yayasan Thomas and Doris Ammann Foundation Zurich. Yayasan tersebut bergerak untuk membantu anak-anak dengan program perawatan kesehatan dan pendidikan.

Lukisan Marilyn Monroe salah satu lukisan terbaik sepanjang masa. Selain itu, lukisan tersebut menjadi barang paling mahal dari abad ke-20 yang pernah dilelang.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it