Lukisan Pissarro Pecahkan Rekor Penjualan

34

Sebelumnya lukisan tersebut dimiliki oleh kolektor seni Jerman Yahudi yang terpaksa menjual lukisannya kepada Nazi Lukisan ini belum pernah dijual di lelang sebelumnya, dan diperkirakan akan terjual dengan harga £7-10 juta dalam lelang di Balai Sotheby’s London.

Tercatat pada 2009, rekor sebelumnya untuk Pissarro ketika Le Pont Boieldieu Et La Gare D’Orleans Rouen, Soleil terjual £4,3 juta. Kuartet karya sang seniman yang berjudul Les Quatre Saisons terjual £8,96 pada 2007.

Boulevard Montmartre, Matinee De Printemps awalnya dimiliki pengusaha Yahudi Max Silberberg, yang koleksi seninya meliputi karya Manet, Monet, Renoir, Cezanne dan van Gogh. Bahkan, koleksi tersebut disebut sebagai koleksi pra perang terbaik dari seni abad 19 dan 20 di Jerman dan dihancurkan oleh Nazi.

Diketahui, Silberberg meninggal dunia dalam pembantaian massal Yahudi (Holocaust).

Pada tahun 2000, lukisan Pissarro itu dikembalikan ke keluarga Silberberg dan Helena Newman dari Sotheby’s mengatakan kisah lukisan itu akan meningkatkan daya tariknya kepada pembeli.

Selain itu, lukisan Vincent van Gogh yang berjudul L’Homme Est En Mer juga dilelang dan terjual £16,9 juta. Lukisan yang ia buat setelah ia memotong telinganya dan masuk rumah sakit jiwa itu adalah rekor tertinggi lukisan Van Gogh di London dalam 25 tahun. Demikian kabar yang dilansir BBC Indonesia.

Share it