Manfaat Rempah Saffron Seharga Rp 2,3 M

16

Anda termasuk orang yang rutin mengonsumsi Saffron, Brava Listeners? Ternyata harga satu kilogram rempah Saffron dengan kualitas baik, bisa seharga 3.500 sampai 160.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 52 juta – Rp 2,3 miliar.

Di Indonesia, harga per satu gram Saffron bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dibalik mahalnya harga rempah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kesehatan Jantung

Saffron
Saffron bisa membantu kesehatan jantung Anda

Dengan komponen kimia yang ada didalam Saffron, rempah ini mampu membantu mengurangi tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Satu penelitian pada manusia di Jurnal Ilmu Kedokteran India mengungkapkan, rempah yang satu ini dapat mengurangi kemungkinan kolesterol jahat yang menyebabkan kerusakan jaringan.

Antioksidan

Saffron
Saffron bisa berguna sebagai antioksidan

Dengan kandungan yang terkadung seperti crocin, pricrocrocin, safranal, kaempferol, dan crocetin, Saffron mempunyai antioksidan tinggi.

Antioksidan mampu melawan stres oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh. Stress oksidatif dan radikal bebas ini dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga : 5 Parfum mewah beraroma maskulin dari Louis Vuitton

Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Saffron
Saffron bisa membantu mencegah gangguan pada sistem saraf

Sebuah studi di tahun 2015 mencatat bahwa senyawa dalam Saffron seperti crocin, mampu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak.

Jurnal Antioxidants dalam penelitiannya menyebutkan, secara teoritis, Saffron dapat membantu mengatasi gejala Alzheimer, karena sifatnya yang meningkatkan memori serta efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Menurunkan Berat Badan

Saffron
Saffron bisa membantu menurunkan berat badan

Studi di Journal of Cardiovascular and Thoracic Research menemukan fakta bahwa apabila kita mengonsumsi ekstrak Saffron, dapat membantu orang dengan penyakit arteri koroner untuk mengurangi indeks massa tubuh atau BMI, massa lemak total, dan lingkar pinggang.

Dengan ini tentunya dapat membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi dosis yang sangat tinggi dapat berbahaya bagi kelompok tertentu.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda mulai tertarik untuk rutin mengonsumsi Saffron, Brava Listeners?

Sumber

Share it