Manjakan Diri di Pulau Sikuai Serasa di Pulau Pribadi

475
Sikuai

Ranah Minang memang selalu menggoda. Setelah rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia, ternyata Padang masih memiliki kejutan untuk kita. Tak cukup menawarkan sensasi kuliner yang mendunia, Padang kini menggoda dengan keindahan pulau kecilnya. Sebuah pulau cantik bernama Sikuai ini akan menyambut dan memanjakan Anda dengan ketenangannya.

Pulau Sikuai merupakan salah satu objek wisata bahari unggulan di Sumatera Barat. Dulunya pulau ini adalah pulau pribadi. Melihat potensi yang ada, Pulau Sikuai akhirnya dibuka untuk umum sejak tahun 1994.

Pulau ini merupakan hutan tropis alami yang masih sangat rindang. Pohon kelapa yang tinggi bergoyang ke kanan-kiri diterpa angin laut. Tarian lembut pohon tersebut seolah sedang melambai menyambut kedatangan Anda.

Setiap pantai di Pulau Sikuai nampak begitu mempesona dengan air laut biru bening menyejukkan. Hamparan pasirnya yang putih nampak bersih dan manis berpadu dengan garis pantai. Aneka satwa liar masih berkeliaran dengan tenang dan turut meramaikan kealamian Pulau Sikuai.

Di sini Anda dapat mengisi hari sembari ditemani burung-burung yang berkicau harmoni, monyet yang bermain lincah, serta ular dan biawak yang sesekali menampakkan diri. Suasana tenang dan indah pulau ini penuh daya hipnotis sehingga Anda menjadi tidak khawatir dengan kehadiran satwa tersebut.

Ketenangan adalah keutamaan di pulau ini. Semua elemen alam nampak saling mendukung untuk menciptakan ketenangan dan relaksasi yang menyeluruh. Air laut di Pulai Sikuai begitu tenang dan terasa hangat sehingga pantai di pulau ini memang lebih cocok untuk bersantai. Apalagi kehadiran hammock di beberapa pohon menjadi tempat istirahat yang lengkap ditemani sejuknya udara serta alunan musik alam dari debur ombak, kicauan burung, dan suara daun diterpa angin.

Kekayaan biota laut Pulau Sikuai yang masih terjaga membuat pulau ini menjadi salah satu spot memancing, snorkeling, dan diving favorit. Jika beruntung, Anda bisa menemui anak penyu yang berenang centil di antara batu karang saat bermain air. Selain itu, Anda pun bisa menghibur diri di laut Pulau Sikuai lewat aneka olahraga air seperti main kano, banana boat, dan jetski.

Pulau Sikuai memiliki trek khusus untuk jogging dan bersepeda. Anda bisa menghibur mata dengan panorama indah sembari berjalan kaki atau naik sepeda. Selain itu, Anda tetap bisa menjaga kebugaran selama berlibur di Pulau Sikuai karena di sini terdapat area berolahraga khusus. Olahraganya pun sangat khas pantai, yaitu voli pantai, sepak bola, dan sepak takraw.

Pulau Sikuai merupakan sebuah pulau yang menyuguhkan paket lengkap liburan penuh relaksasi. Spot menarik selain pantai adalah Sunset Plaza, yaitu bukit tertinggi di Pulau Sikuai yang merupakan titik terindah untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pulau inipun menjadi salah satu destinasi bulan madu favorit. Pengelola pulau menyediakan paket spesial bagi pasangan yang memilih pulau ini sebagai lokasi bulan madu mereka. Selain candle light dinner yang romantis dengan pemandangan eksotis Pulau Sikuai, pasangan baru juga dapat diajak menanam satu pohon di pulau ini sebagai simbol keabadian cinta. Selain romantis, tentu aktivitas menanam pohon ini merupakan salah satu cara melestarikan keindahan dan kesejukan Pulau Sikuai.

Perjalanan menuju Pulau Sikuai

Bagi Anda yang berada jauh dari Padang – Sumatera Barat, sebaiknya gunakan pesawat terlebih dahulu menuju Bandara Internasional Minangkabau. Beberapa maskapai murah yang bisa Anda pilih untuk mengantar Anda ke Padang adalah Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, dan Express Air.

Dari bandara, pergilah ke sisi barat Pulau Sumatera kira-kira setengah mil dari pusat kota (45 menit perjalanan) menuju Pelabuhan Muara. Dermaga Wisata Bahari di pelabuhan ini merupakan titik keberangkatan yang cukup banyak dipilih wisatawan untuk menyeberang ke Pulau Sikuai.

Anda bisa menggunakan kapal biasa atau kapal cepat untuk mengakses pulau. Kapal biasa membutuhkan waktu 45-60 menit untuk mengantarkan Anda ke pulau cantik ini, sementara kapal cepat bisa membawa Anda melesat menuju Pulau Sikuai hanya dalam waktu 20 menit.

 

Share it