Melesat di Atas Kemewahan Maserati Quattroporte

127
Maserati Quattroporte GTS
Maserati Quattroporte GTS
Maserati Quattroporte GTS
Maserati Quattroporte GTS

 

Anda pasti akan jatuh cinta dengan Maserati Quattroporte, Brava Listeners. Paduan lekuk tubuh dan kekuatan mesinnya memang diciptakan untuk menarik hati pecinta mobil sport premium.

Beberapa tahun terakhir, Maserati memang terlihat gencar melakukan ekspansi di Indonesia dengan menyaingi pabrikan-pabrikan otomotif yang jauh lebih dahulu beroperasi di Indonesia seperti BMW dan Mercedes-Benz. Meski variannya di sini belum banyak, pabrikan otomotif asal Italia ini mampu merilis masterpiece yang kehadirannya tak bisa dipandang sebelah mata.

Mulai dari Maserati Ghibli yang dihidupkan kembali untuk mengusik BMW Seri 5 dan juga Mercedes E-Class, hingga yang paling mutakhir adalah Maserati Quattroporte yang dipasok untuk menghadang Mercedes S-Class serta BMW Seri 7. Maserati Indonesia menyediakan dua model Quattroporte yaitu tipe  S dan GTS. Quattroporte GTS yang merupakan versi tertinggi di kasta sedan saloon premium milik pabrikan berlambang trisula ini.

Lampu depannya seakan menyatu dengan bumper dan bodi samping mobil. Kemudian tiga lubang angin pada bagian samping mobil yang diberi aksen krom  yang hanya ada pada Quattroporte, menambah aksen sporty. Pilar C yang berbentuk segitiga menjembatani antara tradisi yang kental dengan karakter sport. Sebagai tambahan, garis atap yang sedikit melengkung dengan pintu tanpa rangka memberikan tampilan layaknya sebuah coupe.

Nuansa premium juga kental di dalam kabin Maserati Quattroporte. Jok kulit karya Poltrona Frau dan balutan material berlapis kayu menjadi salah satu bagian yang membuat suasana kabin terasa mewah dan nyaman. Aksen jahitan tangan pada beberapa sisi menambah kesan eksklusif mobil ini. Di tengah-tengah dashboard didominasi oleh layar sentuh berukuran 8,4 inci. Ditambah lingkar kemudi palang tiga yang berlapis krom dan dihiasi dengan paddle shift.

Quattroporte dilengkapi mesin berkapasitas 3.8 liter dengan turbocharger ganda yang memiliki tenaga 530 hp, dengan torsi maksimal 710 Nm. Tenaga yang besar dari mesin V8 dipadukan dengan transmisi ZF 8-speed menghasilkan akselerasi yang lebih tinggi dibandingka transmisi 6-speed generasi sebelumnya. Maserati mengklaim, Quattroporte GTS bisa melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 4,7 detik.

Mobil ini juga memiliki setingan berkendara yang cukup variatif dengan beberapa mode seperti Auto Normal, Auto Sport, Manual Normal dan Manual Sport sehingga Anda bisa mengontrol transmisi sesuka hati, Brava Listeners. Ada juga mode baru yaitu Increased Control & Efficiency (ICE) di mana pada mode ini momentum perpindahan gigi nyaris tidak terasa.

Meskipun dimensi mobil ini cukup besar, penggunaan alumunium yang cukup banyak pada sasis dan bodi, membuat mobil ini memiliki pengendalian yang menyenangkan. Karena sesungguhnya wujud asli Quattroporte GTS ini tetaplah sebuah saloon premium yang mencerminkan gaya hidup dari seorang pengusaha sukses.

[Sumber: Autocar | Foto: motorauthority.com]

Share it