Memahami Konsep Sekolahkan Anak di Usia 3 Tahun

122
Memahami Konsep Sekolahkan Anak di Usia 3 Tahun

Adakah diantara Brava Listeners yang ingin menyekolahkan anak di usia 3 tahun? Sebelum Anda mendaftarkannya, sebaiknya memahami konsep mengenai pendidikan anak di usia 3 tahun.

Menurut psikolog Danang Baskoro melansir dari CNN Indonesia, sekolah ala anak tiga tahun tentunya akan berbeda dengan konsep sekolah formal yang selama ini dikenal orang tua. Jika menyekolahkan anak di usia 3 tahun bukan berarti anak akan pandai membaca, menulis atau berhitung.

Memahami Konsep Sekolahkan Anak di Usia 3 Tahun

Orang tua yang memang ingin memasukkan anak ke preschool atau sekolah anak usia 3 tahun harus memahami bahwa anak akan di ajarkan konsep sosialisasi atau interaksi dengan teman sebaya. Di samping itu, anak akan belajar tentang kepemilikan barang dan menirukan kemampuan anak lain.

“Sekolah dini untuk anak usia 3 tahun bukanlah sesuatu yang wajib atau urgent, Bunda. Sebab di usia ini, yang paling penting adalah anak dapat mengenal dengan baik ibunya. Idealnya anak baru bisa diajarkan membaca dan menulis di usia enam tahun,” kata Danang.

Memahami Konsep Sekolahkan Anak di Usia 3 Tahun

Sekolah preschool berbeda dengan sekolah formal dimana anak akan berkumpul dengan teman seusianya dan kadang masih didampingi orang tua. Menurut Danang, memasukkan anak ke preschool bukan sesuatu yang wajib.

“Sekolah dini untuk anak usia 3 tahun bukanlah sesuatu yang wajib atau urgent. Sebab di usia ini, yang paling penting adalah anak dapat mengenal dengan baik ibunya,” tambah Danang.

Memahami Konsep Sekolahkan Anak di Usia 3 Tahun

Baca Juga: 5 Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia

Meseki begitu setiap orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, termasuk dalam hal pendidikan. Jika ada sekolah buat anak mulai dari usia 3 tahun, kenapa tidak Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it