Mengenal Filantropi yang Jadi Rahasia Kesuksesan Bill Gates

133
Mengenal Filantropi yang Jadi Rahasia Kesuksesan Bill Gates

Salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates ternyata punya rahasia tersendiri dalam kesuksesan karirnya.

Gates memiliki banyak fokus dalam kegiatan filantropis. Filantropi atau filantropi sendiri berasal dari dua kata Yunani yaitu philos yang artinya cinta dan anthropos yang berarti manusia. Filantropi bermakna cinta pada sesama manusia dalam artian peduli pada kondisi manusia lainnya.

Mengenal Filantropi yang Jadi Rahasia Kesuksesan Bill Gates

Hamid Abidin, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia mengatakan dalam perkembangannya, filantropi kemudian dimaknai sebagai upaya untuk berbagi menyalurkan sumber daya dan berderma secara terorganisir untuk kepentingan strategis jangka panjang dan berkelanjutan.

Hal tersebut sejalan dengan perusahaan Bill Gates yaitu Microsoft yang memberikan manfaat untuk mengembangkan dan bisa menyalurkan sumber daya untuk kepentingan manusia dalam waktu jangka panjang. Dengan dasar filantropi Bill Gates inilah dirinya bisa membuat Microsoft yang membuat dirinya sukses.

Mengenal Filantropi yang Jadi Rahasia Kesuksesan Bill Gates

Bill Gates juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah memiliki penyesalan di masa lalu tentang pandangannya soal kecerdasan. Dulu, Gates berpikir bahwa kecerdasan adalah segalanya. Namun, seiring waktu Gates menyadari bahwa kunci sukses adalah menemukan kecerdasan Anda masing-masing.

“Saya dulu sangat naif tentang beragam keahlian. Saya pikir jika seseorang memiliki IQ tinggi, mereka bisa menjadi hebat dalam segala hal,” ujar salah satu sosok di bidang teknologi yang paling disegani tersebut, dikutip dari CNBC Make It.

Baca Juga: Cara Unik Keramas Pakai Kopi yang Punya Banyak Manfaat untuk Rambut

Kini kekayaan total Bill Gates mencapai 111 miliar USD yang berasal dari perusahaan dengan dasar filantropi seperti Microsoft, Bill & Melinda Gates Foundation, The Giving Pledge sampai Breakthrough Energy.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it