Mengenal Gejala Awal Kanker Tulang

1437
gejala-kanker-tulang

 

1. Nyeri
Anda merasa nyeri karena sel-sel kanker memberikan tekanan pada saraf dan jaringan dalam tulang. Bagian tulang yang sering terkena kanker adalah kaki, tulang belakang, tulang rusuk, dan daerah pinggul. Nyeri juga bisa timbul dalam bentuk sakit punggung yang disebabkan oleh tekanan di sekitar saraf tulang belakang. Jika terlambat teridentifikasi dapat menimbulkan kerusakan total pada sistem kerangka tubuh Anda. “Nyeri merupakan gejala paling umum dari kanker tulang, tapi tidak semua kanker tulang menyebabkan nyeri,” kata dr. Ronald Hokum Sp.PD-KHOM, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik dari RS Kanker Dharmais.

2. Benjolan dan pembengkakan tulang
Benjol atau bengkak bisa muncul ketika Anda terbentur benda keras. Tapi, jika tak juga hilang meski telah menjalani pengobatan selama satu minggu lebih, sebaiknya Anda pergi ke dokter. “Nyeri dan bengkak yang tidak hilang-hilang, tandanya dibutuhkan peran medis untuk menyelidiki penyebabnya,” kata dr. Ronald.

3. Berat badan dan nafsu makan menurun
Menurut dr. Ronald, gejala ini timbul pada semua jenis penyakit kanker, termasuk kanker tulang. Anda harus hati-hati bila mengalami salah satu dari dua gejala sebelumnya, diiringi oleh berkurangnya nafsu makan. Bahkan, berat badan Anda bisa menurun drastis. “Berkembangnya sel kanker dalam tubuh menyebabkan penurunan berat badan yang tidak wajar,” ujarnya.

4. Tulang melemah
Sel-sel kanker mampu melemahkan tulang dan saraf pada bagian yang terserang. Contohnya, Anda sedang melakukan aktivitas yang cukup berat, Anda akan merasa tulang terlalu lemah untuk bergerak. Ketegangan tulang yang jauh lebih besar bisa memaksa Anda harus beristirahat beberapa waktu sebelum kembali beraktivitas.

5. Demam, mual dan muntah
Demam, mual dan muntah bisa timbul akibat tingkat kalsium dalam darah meningkat. Hal ini terjadi karena kebocoran akibat luka pada tulang yang terkena kanker. Anda tetap perlu mewaspadai gejala itu, terutama jika Anda merasakan salah satu atau bahkan keempat gejala sebelumnya.

Sumber: fitnessformen.co.id

Share it