Mengenal ‘Nomikai’, Tradisi Minum Bir di Jepang Selepas Bekerja

90
Mengenal 'Nomikai', Tradisi Minum Bir di Jepang Selepas Bekerja

Di Jepang, terdapat tradisi minum-minum bir selepas lelah bekerja yang hingga kini masih terjaga. Tradisi ini dikenal nama ‘Nomikai’ yang dilakukan oleh pegawai satu kantor di Jepang, untuk menjalin keakraban diantara sesama rekan kerja.

Dalam tradisi ‘Nomikai’ ini biasanya diawali dengan kampai (bersulang) yang menggunakan bir sebagai minuman pembukanya. Bagi orang yang tidak mengkonsumsi bir disediakan pula minuman soft-drinks bersoda, teh serta makan malam.

Ada makna tersendiri diadakannya tradisi ‘Nomikai’ ini yang terus terjaga dalam ruang lingkup perkantoran di Jepang. Berikut beberapa manfaat tradisi minum bir ‘Nomikai’ selepas bekerja di perusahaan Jepang.

Melepas Stress

Tradisi Minum Bir di Jepang Selepas Ngantor Ternyata Ada Manfaat

Orang Jepang dikenal dengan sebutan “workaholics” dalam bekerja. Waktu kerja digunakan seefektif mungkin untuk menyelesaikan semua pekerjaannya di kantor.

Pelampiasan untuk segala tugas serta masalah di kantor inilah yang diluapkan oleh pegawai di Jepang dengan mengundang rekan-rekan kantornya dalam acara ‘Nomikai’.

Mempererat Hubungan Lebih Akrab

Pegawai di kantor-kantor Jepang rata-rata fokus terhadap pekerjaannya serta jarang sekali untuk berbicara ataupun nongkrong dengan teman kerjanya setelah selesai dalam bekerja. Hal ini membuat pegawai di kantor Jepang jarang berbicara mengenai diri mereka ataupun hal pribadi lainnya saat di kantor.

Oleh sebab itu, untuk menjalin keakraban antara sesama rekan kerja, diadakan tradisi ‘Nomikai’ atau minum-minum. Pgawai akan mengenal lebih jauh teman kerja di kantor serta menjadi kesempatan untuk berbicara mengenai hal yang gak berhubungan dengan pekerjaan dengan lebih bebas.

Memperluas Koneksi Di Kantor

Tradisi Minum Bir di Jepang Ternyata Ada Manfaat

Dalam acara ‘Nomikai’ kantor, biasanya mempertemukan banyak orang. Kemungkinan besar teman kerja Anda akan mengundang orang dari divisi lain untuk ikut ke acara tersebut.

Koneksi bisa didapatkan oleh peserta ‘Nomikai’ bisa mendapatkan teman baru atau kenalan yang suatu saat nanti bisa menjadi partner bisnis.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it