Menlu Bahas Peningkatan Kerjasama Bilateral Indonesia – Inggris

33

“Pembicaraan kami hari ini sangat produktif dan sangat bermanfaat. Kami membahas cara bagaimana meningkatkan hubungan kerjasama bilateral kedua negara. Kami juga membahas cara meningkatkan kerjasama di beberapa bidang khusus, seperti lingkungan hidup, dan untuk memajukan kesejahteraan antarnegara di kawasan,” ungkap Menlu RI, Marty Natalegawa, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Kunjungan Menlu Inggris William Hague ke Indonesia itu, Marty menjelaskan, bertujuan menindaklanjuti kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris pada 2012 dan sebagai upaya peningkatan hubungan bilateral Inggris dan Indonesia yang dalam beberapa tahun belakangan ini telah menunjukkan dinamika yang sangat intensif.

Menurut dia, hasil dari kunjungan kedua pemimpin negara itu adalah peningkatan kerjasama bilateral yang sangat signifikan di berbagai bidang, antara lain perdagangan, investasi, pendidikan, lingkungan hidup, dan demokrasi.

“Kedua negara adalah mitra yang sangat kuat dalam upaya memajukan kesejahteraan ekonomi, demokrasi, good governance, serta meningkatkan perdamaian dan keamanan dunia internasional,” jelas Marty.

Menlu Inggris William Hague, senada dengan Marty mengatakan bahwa kunjungannya ke Indonesia bertujuan meninjau kembali kerja sama antara Indonesia dan Inggris serta mendiskusikan isu-isu global yang menjadi kepentingan bersama.

“Saya sangat senang berkunjung ke Indonesia dengan tujuan utama menindaklanjuti kunjungan bersejarah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris pada 2012 lalu. Kedua negara kita memiliki banyak kesamaan, dan saya berada disini untuk memfokuskan perhatian terhadap nilai-nilai persamaan tersebut,” ungkap William.

Sebagai mitra yang bekerjasama erat dalam beberapa forum internasional, seperti PBB dan G20, Ia mengatakan, Indonesia dan Inggris perlu membahas upaya peningkatan hubungan bilateral serta membahas isu-isu khusus lainnya.

“Dalam pembicaraan hari ini, kami juga mendiskusikan isu-isu seperti pencegahan kekerasan seksual dalam konflik, dan saya berharap dapat mendiskusikan hal-hal lainnya dengan Menlu Marty Natalegawa,” ungkapnya.

Kunjungan Menlu Inggris William Hague ke Indonesia merupakan rangkaian kunjungan terkini ke wilayah Asia Tenggara. Kunjungan-kunjungan tingkat tinggi pemerintah Inggris ke wilayah Asia Tenggara selama dua tahun terakhir, menurut William, telah merevitalisasi hubungan Inggris dengan negara-negara di kawasan ini.

Dikabarkan juga bahwa Menlu Inggris akan menghadiri sejumlah kegiatan yang berfokus pada peningkatan transparansi pemerintahan dan mempromosikan kampanye pencegahan kekerasan seksual dalam konflik. Demikian kabar yang dilansir Antara.

Share it