Menumpang Alonso, Webber Kena Penalti 10 Grid di GP Korea

49

Seperti yang dilansir dari Autosport oleh Detik.com, dalam perhelatan balapan di sirkuit Marina Bay, Minggu (22/9) malam WIB itu, mobil yang dikendarai Webber mengalami masalah di turn 7 pada lap terakhir. Karena sebab itu, Webber tak bisa melajukan mobilnya lagi meski finis di posisi ke-15.

Ketika mengalami masalah tersebut, kebetulan Webber melihat Fernando Alonso yang melintas dan memanggil pebalap Ferrari itu seraya meminta tumpangan menuju pitlane. Setelah itu, Webber pun menumpang di atas bodi mobil Alonso.

Namun, aksi itu dianggap ilegal dan tak sesuai dengan aturan mengingat Webber tidak meminta izin terlebih dahulu kepada marshal untuk melewati lintasan dan menumpang di mobil Alonso.

Selain itu, ditambah lagi dalam video tayangan ulang, ketika Webber melintas masih ada salah satu mobil Mercedes yang sedang melaju kencang dan itu dianggap membahayakan dirinya serta pebalap lain. Akibatnya, Webber yang melanggar artikel 30.9(b) harus menerima hukuman penalti 10 grid di balapan GP Korea.

Hukuman tersebut juga diberikan mengingat Webber sebelumnya sudah dua kali mendapat peringatan musim ini dari FIA terkait tabrakan dengan Nico Rosberg di GP Bahrain dan mengabaikan yellow flag di GP Kanada.

Alonso sendiri yang memberi tumpangan hanya mendapat peringatan dari steward balapan.

Share it