Mercedes-AMG GT S Yang Mirip Porsche Hadir di Indonesia

805

Ada yang unik dengan sportscar premium Mercedes-Benz yang baru meluncur di Indonesia. Mobil bernama Mercedes-AMG GT S ini memiliki bagian belakang yang mirip Porsche 911.

Mobil besutan Mercedes-Benz yang satu ini memang cukup unik, sebab tak biasanya produsen otomotif asal Jerman itu membuat sportscar yang bagian belakangnya tampak membulat. Dengan desain seperti itu, Mercedes-AMG GT S disebut-sebut akan menjadi pesaing Porsche 911.

Salah satu keunggulan mobil ini untuk bersaing dengan Porsche adalah penggunaan struktur spaceframe aluminium yang membuatnya memiliki bobot lebih ringan. Ditambah dimensi yang lebih pendek membuat Mercedes-AMG GT S mampu melesat lebih cepat.

Kini, mobil tersebut bisa ditemui juga di Indonesia. Pada Rabu (12/8), PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) memperkenalkan Mercedes-AMG GT S sebagai kasta tertinggi varian model sportscar premium mereka dari sub-divisi Mercedes-AMG.

“Sesuai dengan prinsip ‘Handcrafted by Racers’ yang mencirikan semangat dan dedikasi tim Mercedes-AMG, merupakan suatu penghargaan bagi Mercedes-Benz untuk dapat memberikan pengalaman berkendara sport yang dinamis bagi para pecinta kendaraan premium di Tanah Air,” ujar Dr. Claus Weidner, President and CEO PT MBI.

Mercedes-AMG GT S dilengkapi dengan mesin generasi terbaru berkode M178 V8 Biturbo 4,0 liter yang menggantikan mesin M156 6,2 liter naturally-aspirated V8 yang dahulu digunakan pada model SLS. Mesin yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 510 hp dan torsi 650 Nm ini merupakan unit mesin kedua yang dirancang langsung oleh Mercedes-AMG dengan konfigurasi unik “hot inside V” karena menempatkan turbocharger ganda di bagian dalam konfigurasi silinder V demi responsivitas lebih cepat, dan menggunakan sistem lubrikasi dry-sump.

AMG GT S menggunakan transmisi AMG Speedshift DCT 7-Speed berkopling ganda demi akselerasi 0-100 kpj dalam 3,8 detik, hingga menuju kecepatan puncak 310 kpj. Sedangkan untuk kedinamisan berkendara, hadir pilihan mode AMG Dynamic Select dari mode efisien, Sport, Sport+, Individual, hingga RACE. Electronic rear-axle locking-differential sudah menjadi fitur standar pada model GT S.

Di Indonesia, AMG GT S dijual seharga Rp 4,679 miliar (OFR). “Beberapa fitur opsional sudah terpasang untuk model Indonesia, jika konsumen menginginkan penambahan fitur, maka harganya bisa bertambah. Misalkan meng-upgrade ke model Edition 1 dengan tambahan elemen aerodinamika di bagian depan dan fixed rear-wing,” ucap Carsten Bauer, Deputy Director Product Management and Planning PT MBI.

[Sumber: Autocar Indonesia | Foto: eMercedesBenz]

Share it