Minuman Pencegah Kolesterol

66

Dengan meningkatnya aktifitas sehari-hari, sangat menyusahkan Anda untuk menemukan waktu agar dapat mengkonsumsi waktu yang sehat pada saat makan siang. Pola makan yang tidak teratur itulah yang dapat mengundang kolesterol Anda semakin meningkat.

Melihat tingginya tingkat kolesterol yang bertambah akibat aktifitas yang tinggi, berikut adalah minuman-minuman yang dapat mengurangi kadar kolesterol Anda:

1. Teh: Minuman populer ini memang sangat dikenal untuk menghilangkan lemak. Tidak hanya memiliki antioksidan, tapi minuman ini juga memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi. Teh juga memiliki phytocemical yang berperan sebagai pertahanan terhadap kolesterol LDL atau kolesterol yang tidak baik.

2. Anggur merah: Minuman hasil fermentasi buah anggur merah ini ternyata mengandung banyak zat-zat yang dapat melindungi kesehatan jantung, salah satu di antaranya adalah resveratol. Zat itulah yang memiliki sifat antioksidan yang berfungsi sama dengan antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah di jantung. Tidak hanya itu saja, anggur merah juga dapat membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

3. Air putih: Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana minuman yang satu ini juga termasuk di salah satu minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh? Hal ini bermula dari dehidrasi yang dapat menjadi penyebab beberapa faktor resiko terkenanya penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Pada saat Anda mengalami dehidrasi, darah Anda akan menjadi lebih kental. Kondisi inilah yang membuat hati Anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itulah air putih sangat berfungsi dengan baik untuk menghilangkan dehidrasi, dan meminimalkan resiko naiknya kolesterol dalam tubuh.

4. Jus delima: Dibandingkan dengan anggur merah dan anggur hijau, kadar antioksidan yang ada dalam jus delima ini berjumlah tiga kali lipat lebih tinggi. Selain itu, mengkonsumsi jus ini secara rutin dapat juga mengurangi kolesterol dalam tubuh, mengurangi plak arteri, dan juga meningkatkan aliran darah ke jantung Anda.

5. Kopi: Dengan mengkonsumsi kopi yang cukup, ternyata dapat membantu Anda untuk menghambat peradangan dan mengurangi resiko terkenanya penyakit kardiovaskular. Sangat disarankan agar Anda cukup mengkonsumsi kopi sebanyak 1-2 cangkir per harinya.

Sumber: MediaIndonesia

Share it