Mobil Berlapis Emas Sultan Brunei Jadi Mobil Kenegaraan Termahal di Dunia

258
Mobil Berlapis Emas Sultan Brunei Jadi Mobil Kenegaraan Termahal di Dunia

Mobil kenegaraan termahal di dunia jatuh kepada mobil milik Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dengan Rolls-Royce Silver Spur II berlapis emas. Mobil dari Sultan Brunei ini mengalahkan harga mobil Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II dari Inggris.

Perusahaan pembiayaan otomotif asal Inggris, Select Car Leasing, menjadikan mobil Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Rolls-Royce Silver Spur II sebagai mobil kenegaraan termahal di dunia. Mobil yang berlapis emas ini ditaksir harganya mencapai USD14 juta atau setara Rp200,9 miliar.

Mobil Berlapis Emas Sultan Brunei Jadi Mobil Kenegaraan Termahal di Dunia

Hal tersebut sekaligus mematahkan anggapan bahwa mobil termahal kenegaraan termahal di dunia adalah milik Ratu Elizabeth II dengan kendaraan Bentley State Limousine. Diungkap Select Car Leasing, harga dari mobil Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II di angka USD13,5 juta atau mencapai Rp193,7 miliar.

Mahalnya mobil dari Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah ini dikareakan banyak penambahan yang disematkan ke dalam Rolls-Royce Silver Spur II itu. Salah satunya keseluruhan mobil dilapisi oleh emas.

Bahkan, dibagian velg ban pun di mobil Rolls-Royce Silver Spurt II ini juga dilapisi emas. Selain itu, terdapat modifikasi dengan menambahkan kanopi khusus yang ada di bagian belakang mobil.

Meski begitu, Sultan Hassanal Bolkiah jarang memamerkan kendaraan mewahnya tersebut ke publik. Justru Ratu Elizabeth II terlihat selalu menggunakan Bentley State Limousine pada acara-acara resmi yang diikuti.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it