Musim MotoGP Kali ini Tersengit Sejak 2006

31

Laguna Seca menjadi sirkuit yang mengakhiri paruh pertama musim balap 2013 yang berlangsung pada 21 Juli lalu dengan memunculkan Marc Marquez sebagai pemenang. Setelah libur musim panas sekitar tiga pekan, akhir pekan ini di Indianapolis persaingan di kelas rajanya balapan motor akan berlanjut.

Setelah melewati sembilan dari total 18 race di musim 2013, persaingan di papan atas klasemen masih sangat sengit. Terdapat lima pebalap di urutan taratas, yakni Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan Cal Crutchlow cuma terpaut 47 poin saja. 

Seperti yang dilansir dari Detik.com, dikutip dari AS, selisih poin yang tipis antara lima pebalap di lima posisi teratas menjadikan musim 2013 sebagai yang paling sengit dalam setidaknya tujuh tahun terakhir. Kali terakhir fenomena serupa muncul adalah di tahun 2006, ketika itu Nicky Hayden jadi juara dunia dan di akhir musim dengan lima pebalap teratas cuma berjarak 37 poin saja.

Musim ini ada empat pebalap yang sudah menjadi juara yakni Marquez (3 kali), Lorenzo (2), Pedrosa (2) dan Valentino Rossi (1). Selain karena kekuatan yang relatif merata antara pebalap dan juga motornya, ketatnya perolehan poin antara mereka terjadi karena beberapa kecelakaan yang terjadi.

Valentino Rossi berpendapat bahwa kelima pebalap teratas tersebut sangat cepat dan kuat, yang memiliki motor-motor terbaik. Ia juga menambahkan bahwa pertarungan kali ini sangat ketat. Selain itu Dan dan Jorge jika selalu berada dalam kondisi 100%, adalah yang terkuat menurut Rossi.

The Doctor juga melanjutkan bahwa saat ini Marc berada di posisi teratas dan selalu naik podium kecuali saat di Mugello. Bagi dirinya dan Cal, jika ingin naik podium di setiap balapan, ia butuh kecepatan lebih dan konsistensi lebih.

Share it