NASA Bagikan Bukti Miliaran Galaksi di Alam Semesta

176

Baru-baru ini Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA membagikan gambar langit dengan ribuan hingga miliaran galaksi. Gambar ini ditangkap melalui Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST).

Hasil tangkapan Teleskop James Webb dirilis oleh NASA pada Selasa malam 12 Juli 2022 pukul 21.30 WIB. Ditemukan ribuan galaksi dari wilayah diluar angkasa yang dikenal sebagai SMACS 0723 atau semesta terjauh.

“Gambar ini hanya meliputi kira-kira langit seukuran sebutir pasir yang digenggam sejauh lengan. Ini hanyalah sepotong bagian kecil dari alam semesta yang luas,” kata Administrator NASA Bill Nelson, dalam konferensi persnya di Gedung Putih.

Bill Nelson mengungkapkan bahwa potret tersebut telah mematahkan orang-orang terdahulu bahwa galaksi di alam semesta hanya satu. Kini, telah ada lebih dari miliaran galaksi serta miliaran bintang serta matahari yang tersebar di alam semesta.

“Ratusan tahun lalu, kita mengira hanya ada satu galaksi di alam semesta. Sekarang angkanya tidak terhingga, dan di galaksi kita saja, kita mempunyai miliaran bintang atau Matahari, dan terdapat juga miliaran galaksi dengan miliaran bintang dan Matahari,” jelas dia.

Potret penuh warna pertama oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb ini juga turut dikomentari oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

“Gambar-gambar ini akan mengingatkan dunia bahwa Amerika dapat melakukan hal-hal besar, dan mengingatkan rakyat Amerika terutama anak-anak bahwa tidak ada yang melebihi kapasitas kita,” kata Presiden Biden seperti dikutip dari situs resmi NASA.

“Kita bisa melihat kemungkinan yang belum pernah dilihat siapa pun sebelumnya. Kita bisa pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi orang sebelumnya,” lanjut Biden.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it