NASA Bersiap Beri Pengalaman Terbang Melampaui Kecepatan Suara

158
NASA Bersiap Beri Pengalaman Terbang Melampaui Kecepatan Suara

NASA atau Badan Penerbanga Dan Antariksa Amerika Serikat sedang bersiap untuk memberikan pengalaman terbang melampaui kecepatan suara untuk semua orang lewat misi Quest.

Perlu diketahui, pada 14 Oktober 1947, tim X-1 yang terdiri dari NASA, Angkatan Udara AS, serta Bell engineers telah melampau batasan kecepatan suara. Kini, inovator aeronautika bersama misi Quest NASA tengah bersiap untuk melampau kecepatan suara lagi.

Menariknya misis tersebut akan dilakukan dengan cara yang sangat berbeda. Pasalnya, tujuan misi ingin semua manusia suatu hari nanti dapat melakukan perjalanan melalui udara melebihi kecepatan suara secepat X-1.

NASA Bersiap Beri Pengalaman Terbang Melampaui Kecepatan Suara

“Penerbangan supersonik pertama itu adalah pencapaian yang luar biasa, dan sekarang Anda melihat seberapa jauh kami telah melangkah sejak saat itu. Apa yang kami lakukan sekarang adalah puncak dari begitu banyak pekerjaan mereka sebelumnya,” kata Catherine Bahm, insinyur penerbangan di Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA di California, seperti dikutip situs NASA.

Melalui misi Quest, NASA berencana untuk mendemonstrasikan X-59 terbang lebih cepat daripada suara tanpa menghasilkan ledakan sonik keras. Suara ledakan inilah yang menyebabkan penerbangan supersonik sempat dilarang pada 1973.

Selain itu, Bahm selaku manajer proyek Demonstrasi Penerbangan Low Boom juga berencana menerbangkan X-59 ke beberapa komunitas untuk menyurvei bagaimana orang bereaksi terhadap suara “dentuman” yang dihasilkannya.

NASA Bersiap Beri Pengalaman Terbang Melampaui Kecepatan Suara

Tanggapan mereka nantinya akan dibagikan kepada regulator yang kemudian akan mempertimbangkan aturan baru untuk mencabut larangan terbang dengan kecepatan supersonik. Apabila larangan dicabut, hal itu akan menandai tonggak sejarah dalam dunia penerbangan dan berpotensi membuka era baru dalam perjalanan udara.

Baca Juga: Perebutan Men’s Pound-For-Pound, Dana White Isyaratkan Makhachev VS Volkanovski

Nantinya, penumpang maskapai mungkin naik jet supersonik agar bisa bepergian dalam waktu singkat meski jaraknya jauh. Menurut Brava Listeners, misi penerbangan supersonik dari NASA untuk umum bisa terwujud kah?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it